AKMI - Asesmen Kompetensi Madrasah Indonesia Akan di Laksanakan

Baca Juga

AKMI - Asesmen Kompetensi Madrasah Indonesia Akan di Laksanakan1

Ditjen Pendidikan Islam Kementerian Agama akan menyelenggarakan Asesmen Kompetensi Madrasah Indonesia (AKMI). Tahun ini, AKMI dikhususkan bagi siswa kelas 5 Madrasah Ibtidaiyah (MI). 

"AKMI akan dilaksanakan pada bulan Oktober 2021," terang Direktur Kurikulum, Sarana, Kelembagaan, dan Kesiswaan (KSKK) Madrasah Moh Isom Yusqi di Jakarta, Rabu (4/8/2021).
"AKMI 2021 akan mengukur tingkat literasi membaca, literasi numerasi, literasi sains dan literasi sosial budaya siswa kelas 5 MI," sambungnya.

Menurut M Isom, AKMI akan dilakukan secara online dalam bentuk Computer Based Test (CBT). Hasil dari AKMI akan digunakan sebagai dasar pelaksanaan bimtek tindak lanjut perbaikan pembelajaran guru, berikut pendampingannya.

Sebagai persiapan, Direktorat KSKK memberikan  Bimbingan Teknis aplikasi AKMI bagi Helpdesk Provinsi dan Proktor Madrasah. Bimtek berlangsung secara online, 3 – 5 Agustus 2021.

Bimtek Proktor dan Helpdesk Asesmen sangat penting, kata Isom, agar mereka dapat memberikan layanan bantuan kepada madrasah dalam persiapan dan pelaksanaan AKMI. Bimtek melibatkan Helpdesk perwakilan dari 34 provinsi se Indonesia dan para proktor madrasah jenjang MI, MTs dan MA yang akan menjadi sasaran kegiatan validasi instrumen serta pelaksanaan AKMI tahun 2021. Kegiatan bimtek dipandu langsung oleh Tim Teknis Direktorat KSKK Madrasah dan Tim IT pengembang aplikasi AKMI.

Isom menambahkan, sebelum digunakan pada Oktober mendatang, pihaknya juga akan melakukan ujicoba atau validasi instrumen AKMI. Tujuannya, mendapatkan instrumen yang berkualitas dan valid.
“Kita bertekad mewujudkan madrasah yang mandiri berprestasi melalui upaya-upaya konstruktif, seperti Asesmen Kompetensi Madrasah Indonesia ini” pungkas Isom.

AKMI - Asesmen Kompetensi Madrasah Indonesia Akan di Laksanakan

ASESMEN KOMPETENSI MADRASAH INDONESIA

Asesmen Kompetensi Madrasah Indonesia (AKMI) merupakan penilaian kompetensi mendasar terhadap seluruh murid madrasah jenjang MI, MTs dan MA sebagai alat ukur untuk mengembangkan kapasitas diri dan berpartisipasi positif pada masyarakat.

Tentang AKMI

Asesmen Kompetensi Madrasah Indonesia, disingkat AKMI adalah asesmen yang dilakukan pada siswa madrasah sebagai metode penilaian yang komprehensif untuk mendiagnosis kelebihan dan kelemahan siswa pada literasi membaca, literasi numerasi, literasi sains dan literasi sosial budaya termasuk survei karakter. Hasil asesmen dapat digunakan oleh guru dan madrasah untuk memperbaiki layanan pendidikan yang dibutuhkan siswa sebagai dasar untuk menyusun suatu rancangan pembelajaran.

Literasi Numerasi

Literasi numerasi merupakan kemampuan untuk mengaplikasikan konsep bilangan dan keterampilan operasi hitung di dalam kehidupan sehari-hari.

Literasi Membaca

Literasi membaca adalah kemampuan untuk memahami, menggunakan, mengevaluasi, merefleksikan berbagai jenis teks untuk menyelesaikan masalah, mengembangkan kapasitas individu, sebagai warga Indonesia dan warga dunia agar dapat berkontribusi secara produktif di masyarakat 

Literasi Sains

Literasi sains adalah pengetahuan dan kecakapan ilmiah dalam mengidentifikasi pertanyaan, memperoleh pengetahuan baru, menjelaskan fenomena ilmiah, serta mengambil simpulan berdasar fakta, memahami karakteristik sains, serta kesadaran bagaimana sains dan teknologi mempengaruhi manusia dan lingkungan. 

Literasi Sosial Budaya

Literasi sosial budaya merupakan kemampuan individu dan masyarakat dalam bersikap terhadap lingkungan sosialnya sebagai bagian dari suatu budaya dan bangsa, termasuk kemampuan untuk menerima dan beradaptasi, serta bersikap secara bijaksana atas keberagaman 

Daftar Madrasah Peserta AKMI Tahapan I Tahun 2021. Lewat surat dari Direktorat Jenderal Pendis Islam RI Kementerian agama umumkan lis peserta AKMI Tahun 2021.

Dalam surat itu berisi 50% MI dari keseluruhnya jumlah madrasah ibtidaiyah di Indonesia. Penerapan AKMI tahapan I belum diikuti oleh semua madrasah.

Di tahun 2022 gagasannya akan terwujud AKMI untuk semua madrasah pada tingkatan MI, MTs dan MA. 

Madrasah Peserta AKMI 2021

AKMI atau kepanjangan dari Asesmen Kapabilitas Madrasah Indonesia sebagai program dari Kementerian Agama. Aktivitas ini berniat untuk menghitung kapabilitas peserta didik pada tiap unit pengajaran.

Target peserta AKMI ialah semua madrasah dalam lindungan Kementerian Agama. Dimulai dari tingkatan MI, MTs dan MA/MAK.

Adapun penerapan AKMI pada tahapan I ini belum seutuhnya dituruti oleh semua madrasah. Cuman 50% saja dari jumlahnya keseluruhnya madrasah pada tingkatan MI.

Adapun daftar madrasah sebagai peserta AKMI tahun 2021 ialah seperti berikut.



Demikian informasi mengenai daftar Madrasah Peserta AKMI Tahap I tahun 2021. Semoga informasi ini bermanfaat Salam Madrasah Mandiri Berprestasi.



Madrasah yang menjadi pelaksana AKMI diminta segera mengisi survei awal melalui link:
 

Tim madrasah yang terdiri dari proktor, teknisi, dan pengawas silahkan melengkapi data di
Next Post Previous Post
No Comment
Add Comment
comment url
Related Post