AKM Kelas Buat Guru

Baca Juga

AKM Kelas Buat Guru

Asesmen Nasional ditujukan untuk evaluasi sistem pendidikan, sehingga pelaporan hasil merupakan agregat hasil satuan pendidikan dan siswa peserta dipilih secara acak. Lalu bagaimanakah jika guru ingin mengetahui tingkat kompetensi setiap individu murid?

AKM kelas dikembangkan oleh Pusat Asesmen Pendidikan untuk memberikan tools bagi setiap guru secara mandiri melakukan diagnosis individu murid.

Apa itu AKM Kelas?

AKM Kelas dipakai sebagai alat bantu guru di kelas untuk mendiagnosa hasil belajar tiap pribadi siswa. Maksudnya untuk membuat pembelajaran yang sesuaikan tingkat kapabilitas siswa (teaching at the right level).

Apa saja yang bisa dilakukan di AKM Kelas?

AKM Kelas saat ini tersedia dalam platform aplikasi desktop dengan sistem operasi Windows dan aplikasi mobile dengan sistem operasi Android yang dapat digunakan guru dan siswa di sekolah. Apa saja fitur yang dapat digunakan di AKM kelas ini?

Unduh Soal AKM

Proktor sekolah dapat melakukan akses login ke Dasbor Proktor dan mengunduh Soal AKM yang akan digunakan di Windows maupun Android

Menskor Jawaban Siswa

Guru dapat dibantu proktor untuk melakukan skoring hasil jawaban siswa melalui dasbor sekolah

Mengerjakan AKM Kelas

Siswa dapat mengerjakan soal-soal AKM menggunakan media komputer dengan sistem operasi Windows atau menggunakan smartphone dengan sistem operasi Android

Melihat Hasil Skoring

Hasil skoring jawaban siswa berupa nilai AKM individu dapat langsung diunduh atau langsung dilihat untuk digunakan sebagai bahan evaluasi sekolah

Unduh Aplikasi AKM

Anda dapat mengunduh aplikasi AKM baik yang versi desktop (Windows) maupun versi mobile (Android). Silahkan baca terlebih dahulu informasi cara penggunaan yang tercantum di setiap aplikasi. Sesuaikan dengan kebutuhan dan kondisi lingkungan sekolah Anda







Siapa yang bisa mengikuti AKM Kelas?

AKM kelas bisa diikuti oleh seluruh siswa dari mulai jenjang SD hingga SMA dan SMK. Fungsi utama dari AKM Kelas adalah memberikan pengalaman kepada siswa dan guru sebelum melakukan AKM Nasional.

Siapakah yang bisa melakukan download paket soal dan melakukan upload hasil siswa?

Proktor sekolah bisa login menggunakan username ANBK atau menggunakan login yang telah dimiliki ke halaman AKM Kelas, kemudian bisa melakukan download paket.

Hasil download paket kemudian di Import ke Aplikasi Motivasi (Desktop) atau ke Aplikasi android yang telah didownload. Hasil pengerjaan siswa selanjutnya bisa diskoring dengan cara upload melalui dashboard proktor.

Apakah spesifikasi minimum dari komputer untuk menjalankan AKM Kelas?

Anda bisa menggunakan laptop atau komputer dengan minimal RAM 1GB untuk mendapatkan performa lebih baik dengan space minimum yang tersedia 3GB.

Apakah spesifikasi Android untuk menjalankan AKM Kelas?

Anda bisa menjalankan AKM kelas di Android dengan minimal ram 1GB dan dengan sistem operasi minimal Android 6.0 Marshmallow

Next Post Previous Post
No Comment
Add Comment
comment url
Related Post