Indonesia Website Awards

Kemenag Persiapkan Pertandingan Robotik Madrasah 2021

Baca Juga

Kemenag Siapkan Kompetisi Robotik Madrasah 2021

Kemenag Persiapkan Pertandingan Robotik Madrasah 2021

Pertandingan Robotik Madrasah atau kerap dikenali dengan Madrasah Robotics Competition (MRC) akan diadakan kembali tahun ini. Sebagai penyiapan, Direktorat Kurikulum Fasilitas Kelembagaan dan Kesiswaan (KSKK) Madrasah, Ditjen Pengajaran Islam, Kemenag mengundang beberapa pelatih dan pegiat robotik madrasah untuk menilai MRC tahun kemarin dan mengulas Grand Desain MRC 2021.

Penyiapan penerapan Persaingan Robotik Madrasah tahun 2021 ini berjalan di Serpong. Kasubbag TU Direktorat KSKK Madrasah, Brurry Haryanto, mengutarakan, KSKK Madrasah mengharap MRC tahun 2021 bisa mengikutsertakan beberapa pelatih dan pegiat robotik madrasah, hingga dapat sesuai standar robotik madrasah dan tren robotik yang berkembang sekarang ini.

"Ada 26 peserta yang kami undang, terbagi dalam pembimbing robotik dan pegiat robotik dari beberapa daerah di Indonesia, seperti Jawa Timur, Yogyakarta, Jawa Barat, Banten, Lampung dan DKI Jakarta. Kami mengharap peserta dapat memberinya saran atas penyelenggaraan MRC tahun kemarin dan membuat desain MRC tahun ini," tutur Brurry di Serpong, Rabu, (21/4/2021).

Untuk memberinya beberapa saran, Kemenag mendatangkan tiga pembicara, yakni: Oka Mahendra (Instansi Pengetahuan Pengetahuan Indonesia), Tjetjep Witjahjono (pegiat industri tehnologi dan founder Laut Nusantara), dan Hendriana Helda Pratama (dosen Sekolah Tinggi Tehnologi Kedirgantaraan Yogyakarta).

"Ke-3 pembicara ini akan memberikan dukungan dan memberinya instruksi untuk peningkatan MRC di depan," katanya.

Saran dan instruksi dari ke-3 pembicara bisa menjadi pemikiran untuk beberapa peserta dalam membuat grand desain MRC 2021 dan roadmap MRC di beberapa tahun mendatang.

Persaingan Robotik Madrasah gagasannya akan diadakan pada September 2021. Ada dua kelompok lomba untuk tiap-tiap tingkatan (MI, MTs dan MA), yakni: Rancang Bangun dan Mobile Robot (dengan visi dan tingkat kesusahan yang disamakan dengan tingkatan pengajaran). MRC 2021 gagasannya akan mengusung topik mengenai kesehatan. (HF)

KOMPETISI ROBOTIK MADRASAH

Tehnologi robot diharap bisa menolong menuntaskan desas-desus penting dunia, yaitu wabah Covid-19 yang menerpa sepanjang dua tahun akhir ini. Tugasnya ialah mengaplikasikan tehnologi robot untuk menjawab rintangan yang ditampilkan oleh Covid-19, baik itu di bagian Kesehatan, Sosial, Ekonomi, dan Ketahanan hidup. Topik ini diharap memberikan inspirasi angkatan penerus untuk sadar akan bahaya Covid-19 dan pecahkan permasalahan yang diakibatkan dari Covid-19 ini. Persaingan Robotik Madrasah 2021 ini dipadankanlah dengan bermacam kekuatan di bagian sains, tehnologi, engineering, seni dan matematika. Beberapa kemampuan itu harus ditujukan untuk memberinya kontributor dalam pecahkan permasalahan manusia dari muka bumi.

1. Robot for Health Care

Robot Perduli Kesehatan, yaitu robot untuk memberikan dukungan service kesehatan.

2. Robot for Social Care

Robot Perduli Sosial, yaitu robot yang berperan memberikan dukungan dan media hubungan sosial yang terhalang di periode wabah.

3. Robot for Resilience

Robot untuk Ketahanan Hidup, yaitu robot yang mempunyai peranan menolong manusia untuk ketahanan hidup manusia.

4. Robot for Economy Recovery

Robot untuk Rekondisi Ekonomi, yaitu robot yang menolong manusia untuk perbaikan perekonomian.

JADWAL PENTING KOMPETISI ROBOTIK MADRASAH

JADWAL PENTING KOMPETISI ROBOTIK MADRASAH

Agar semakin selengkapnya dapat datangi situs sah di sini atau ambil tutorialnya di sini

Next Post Previous Post
No Comment
Add Comment
comment url
Related Post