Advertisement here

Perangkat Pembelajaran Guru Fisika Kelas 12 Semester 1 dan 2

Perangkat Pembelajaran Guru Fisika Kelas 12 Semester 1 dan 2
Perangkat Pembelajaran Guru Fisika Kelas 12 Semester 1 dan 2


Perangkat Pembelajaran Guru Fisika Kelas 12 Semester 1 dan 2

Pengertian Perangkat Pembelajaran

Perangkat pembelajaran ialah elemen yang perlu dipersiapkan oleh guru saat sebelum melakukan pembelajaran. Dalam KBBI (2007: 17), perangkat ialah alat atau peralatan, sedang pembelajaran ialah proses atau langkah jadikan orang belajar.

Menurut Zuhdan, dkk (2011: 16) perangkat pembelajaran ialah alat atau peralatan untuk melakukan proses yang memungkinkannya pengajar dan peserta didik lakukan aktivitas pembelajaran. Perangkat pembelajaran jadi pegangan untuk guru dalam melakukan pembelajaran baik di kelas, laboratorium atau di luar kelas.

Dalam Permendikbud No. 65 Tahun 2013 mengenai Standar Proses Pendidikan Dasar dan Menengah disebut jika pengaturan perangkat pembelajaran sebagai sisi dari rencana pembelajaran. Rencana pembelajaran direncanakan berbentuk silabus dan RPP yang merujuk pada standar isi. Disamping itu, dalam rencana pembelajaran dilaksanakan persiapan media dan sumber belajar, perangkat penilaian, dan skenario pembelajaran.

Silabus

Ketentuan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia No. 65 Tahun 2013 Mengenai Standar Proses Pendidikan Dasar dan Menengah menerangkan jika silabus sebagai referensi pengaturan rangka pembelajaran untuk tiap bahan pengkajian mata pelajaran.

Silabus ditingkatkan berdasar Standar Kompetensi Alumnus dan Standar Isi untuk unit pendidikan dasar dan menegah sesuai skema pembelajaran pada tiap tahun tuntunan tertentu. Silabus dipakai sebagai referensi dalam peningkatan gagasan penerapan pembelajaran. Silabus untuk mata pelajaran SMA pada umumnya berisi:

Identitas mata pelajaran

Identitas sekolah mencakup nama unit pendidikan dan kelas

Kompetensi pokok, sebagai kisah secara kelompokal berkenaan kompetensi dalam faktor sikap, pengetahuan, dan ketrampilan yang perlu didalami peserta didik untuk semuanya tingkatan pendidikan, kelas dan mata pelajaran.

Kompetensi dasar, terkait dengan kekuatan detil yang meliputi sikap, pengetahuan dan ketrampilan yang berkaitan muatan atau mata pelajaran.

Materi dasar, berisi bukti, ide, konsep dan proses yang berkaitan dan dicatat berbentuk butir-butir sesuai rumusan tanda perolehan kompetensi

Pembelajaran, yakni aktivitas yang dilaksanakan oleh pengajar dan peserta didik untuk capai kompetensi yang diinginkan

Penilaian, sebagai proses penghimpunan dan pemrosesan info untuk tentukan perolehan hasil belajar peserta didik.

Peruntukan waktu sesuai jumlah jam pelajaran dalam susunan kurikulum untuk satu semester atau setahun, dan

Sumber belajar, bisa berbentuk buku, media bikin dan electronic, alam seputar atau sumber belajar yang lain berkaitan.

RPP

Menurut Permendikbud No. 81A Tahun 2013 mengenai Implikasi Kurikulum Dasar Umum Pembelajaran, jika step pertama kali dalam pembelajaran menurut standar proses yakni rencana pembelajaran yang direalisasikan dengan aktivitas pengaturan Gagasan Penerapan Pembelajaran (RPP). Seterusnya diterangkan jika RPP ialah gagasan pembelajaran yang ditingkatkan dengan detail dari satu materi dasar atau topik tertentu yang merujuk pada silabus. RPP meliputi banyak hal yakni: (1) Data sekolah, mata pelajaran, dan kelas/ semester; (2) Materi Pokok; (3) Peruntukan waktu; (4) Arah pembelajaran, KD dan tanda perolehan kapabilitas; (5) Materi pembelajaran; sistem pembelajaran; (6) Media, alat dan sumber belajar / bahan ajar; (7) Beberapa langkah aktivitas pembelajaran; dan (7) Penilaian.

Helai Aktivitas Pelajar (LKS)

Menurut Depdiknas (2007), LKS ialah lembar yang berisi pekerjaan yang perlu ditangani oleh pelajar. Pekerjaan yang diperintah dalam LKS harus merujuk pada kompetensi dasar yang bakal diraih pelajar. Pekerjaan itu bisa berbentuk pekerjaan teoritis dan pekerjaan ringkas (Abdul Majid, 2008: 176-177). LKS dipakai sebagai fasilitas untuk memaksimalkan hasil belajar peserta didik dan tingkatkan keterkaitan peserta didik pada proses mengajar-belajar.

Instrumen Penilaian

Penilaian mempunyai tujuan untuk kumpulkan info mengenai perkembangan belajar peserta didik. Dalam Permendikbud No. 81A Tahun 2013 mengenai Implikasi Kurikulum Dasar Umum Pembelajaran diterangkan jika penilaian dalam tiap mata pelajaran mencakup kompetnsi pengetahuan, kompetensi ketrampilan dan kompetensi sikap. Penilaian dilaksanakan berdasar beberapa indikator perolehan hasil belajar dari tiap-tiap domain itu. Ada banyak tehnik dan instrumen penilaian yang dipakai untuk kumpulkan info mengenai perkembangan peserta didik baik berbentuk test atau non-tes diantaranya test tercatat, penilaian tunjukkan kerja, penilaian sikap, penilaian hasil kreasi, penilaian portofolio dan penilaian diri.

Download RPP dan Perangkat Pembelajaran Fisika Kelas XII Kurikulum 2013 terbaru lengkap

kami akan membagi RPP Fisika Kelas XII Kurikulum 2013 Koreksi 2018 yang disebut salah satunya perangkat administrasi pembelajaran SMA/SMK/MA Tahun Tuntunan 2019/2020. RPP Fisika SMA, SMK dan MA Kelas XII Kurikulum 2013 koreksi 2018 harus berisi Pengokohan Pendidikan Watak (PPK) dalam pembelajaran yaitu spiritual, nasionalis, berdikari, bergotong-royong, dan kredibilitas.

RPP (Gagasan Penerapan Pembelajaran) sebagai perangkat pembelajaran yang harus dibikin oleh guru dengan komplet dan struktural sebagai skenario pembelajaran supaya arah pembelajaran dapat diraih secara efisien dan efektif. Disamping itu dengan dibikinnya RPP K13 Fisika yang struktural, pembelajaran dapat berjalan dengan interaktif, inspiratif, membahagiakan, melawan, efektif, berikan motivasi pelajar untuk berperanan aktif, dan memberi ruangan yang cukup untuk prakarsa, kreasi, dan kemandirian sesuai ketertarikan, talenta, dan perubahan fisik dan psikis pelajar.

RPP SMA/SMK Kelas 12/ XII k13 koreksi 2018 yang kami bagi ini telah di integratifkan literatur; ketrampilan era 21 atau diistilahkan dengan 4C (Creative, Critical thinking, Communicative, dan Collaborative); dan HOTS (Higher Order Thinking Kemampuan). Karena itu, untuk Guru Mapel Fisika terutamanya Kelas XII tingkatan SMA, SMK dan MA yang kesusahan dalam membuat RPP sendiri, anda dapat pakai RPP Fisika SMA Kelas XII K13 ini sebagai rujukan.

Untuk daftar lis Perangkat Pembelajaran Guru Fisika Kelas 12 Semester 1 dan 2 bisa di liat bawah ini sekaligus lingk downlodnya.  dan untuk pasword nya ini " emediafis12sma"

  1. ANALIKOM FISIKA 12.doc
  2. ANALOWA FISIKA 12.doc
  3. KI KD FISIKA 12.doc
  4. KKM FISIKA 12.doc
  5. PEKOM & TEKPEN FISIKA 12.doc
  6. PENDIPEKOM FISIKA 12.doc
  7. PROMES FISIKA 12.doc
  8. PROTA FISIKA 12.doc
  9. RPP FISIKA 12.doc
  10. SILABUS FISIKA 12.doc
Dan untuk Perangkat Pendukung dan Bonusnya yang ada di Perangkat Pembelajaran Guru Fisika Kelas 12 Semester 1 dan 2 bisa di lihat di bawah ini
ada juga di Perangkat Pembelajaran Guru Fisika Kelas 12 Semester 1 dan 2 Lembar penilaian contoh seperti yang ada di bawah ini :
Terimakasih sudah mampir ke web blogger yang sederhana ini mudah mudahan apa yang ada di sini bisa bermanfaat bagi kita semua amin....

Next Post Previous Post
No Comment
Add Comment
comment url