Advertisement here

Perangkat Guru Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan Kelas XI

Perangkat Guru Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan Kelas XI
Perangkat Guru Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan Kelas XI

Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan

Struktur kurikulum memvisualisasikan konseptualisasi content kurikulum berbentuk mata pelajaran, status content/mata pelajaran dalam kurikulum, distribusi content/mata pelajaran dalam semester atau tahun, beban belajar untuk mata pelajaran dan beban belajar /minggu untuk tiap pelajar. Struktur kurikulum ialah sebagai program ide koordinasi content dalam mekanisme belajar dan koordinasi beban belajar pada mekanisme pembelajaran. Koordinasi content dalam mekanisme belajar yang dipakai ialah mekanisme semester sedang koordinasi beban belajar pada mekanisme pembelajaran berdasar jam pelajaran per semester.

Struktur kurikulum kisah berkenaan implementasi konsep kurikulum berkenaan status seorang pelajar dalam menuntaskan pembelajaran di satu unit atau tingkatan pendidikan. Selanjutnya, struktur kurikulum memvisualisasikan status belajar seorang pelajar yakni apa mereka harus menuntaskan semua mata pelajaran yang tertera dalam struktur atau mungkin kurikulum memberikan peluang ke pelajar untuk tentukan bermacam opsi.

Struktur kurikulum pendidikan menengah terdiri dari beberapa mata pelajaran, beban belajar, dan kalender pendidikan. Mata pelajaran terdiri dari:

  • Mata pelajaran harus dituruti oleh semua peserta didik di satu unit pendidikan pada tiap unit atau tingkatan pendidikan
  • Mata pelajaran opsi yang dituruti oleh peserta didik sesuai opsi mereka.

Mata pelajaran harus sebagai mata pelajaran yang perlu diambil oleh tiap peserta didik di SMA/MA dan SMK/MAK. Sedang mata pelajaran opsi untuk SMA/MA berlainan dengan untuk SMK/MAK. Untuk SMA/MA mata pelajaran opsi memiliki sifat akademis, sedang SMK/MAK mata pelajaran opsi memiliki sifat akademis dan vokasi.

STRUKTUR KURIKULUM SMA/MA

Struktur Kurikulum SMA/MA terdiri dari:

  • Barisan mata pelajaran harus yakni barisan A dan barisan B. Barisan A ialah mata pelajaran yang memberi tujuan kapabilitas lebih ke faktor kognitif dan afektif sedang barisan B ialah mata pelajaran yang lebih mengutamakan pada faktor afektif dan psikomotor.
  • Barisan Mata Pelajaran Pecintaan terdiri dari 3 (tiga) barisan yakni Pecintaan Matematika dan Sains, Pecintaan Sosial, dan Pecintaan Bahasa.
  • Mata Pelajaran Opsi Lintasi Ketertarikan yakni mata pelajaran yang bisa diambil oleh peserta didik di luar Barisan Mata Pelajaran Pecintaan yang diputuskannya namun tetap dalam Barisan Pecintaan yang lain. Misalkan untuk peserta didik yang pilih Barisan Pecintaan Bahasa bisa pilih mata pelajaran dari Barisan Pecintaan Sosial dan/atau Barisan Pecintaan Matematika dan Sains.
  • Mata Pelajaran Pengkajian ditujukan untuk pelajari salah satunya mata pelajaran dalam barisan Pecintaan untuk penyiapan ke perguruan tinggi.
  • Mata Pelajaran Opsi Lintasi Ketertarikan dan Mata Pelajaran Pengkajian memiliki sifat opsional, bisa diputuskan ke-2 nya atau salah satunya.

Kelompok Mata Pelajaran Wajib

Kelompok Mata Pelajaran Wajib sebagai sisi dari kurikulum pendidikan menengah yang mempunyai tujuan untuk memberi pengetahuan mengenai bangsa, bahasa, sikap sebagai bangsa, dan kekuatan penting untuk meningkatkan nalar dan kehidupan individu peserta didik, warga dan bangsa, pengenalan lingkungan fisik dan alam, kesehatan jasmani, dan seni budaya wilayah dan nasional.

Kelompok Mata Pelajaran Peminatan

Kelompok mata pelajaran peminatan mempunyai tujuan (1) untuk memberi peluang ke peserta didik meningkatkan ketertarikannya dalam satu kelompok mata pelajaran sesuai ketertarikan keilmuannya di perguruan tinggi, dan (2) untuk meningkatkan ketertarikannya pada sesuatu disiplin pengetahuan atau ketrampilan tertentu

BEBAN BELAJAR

Dalam struktur kurikulum SMA/MA ada tambahan jam belajar /minggu sejumlah 4-6 jam hingga untuk kelas X semakin bertambah dari 38 jam jadi 42 jam belajar, dan untuk kelas XI dan XII semakin bertambah dari 38 jam jadi 44 jam belajar. Sedang lama belajar untuk tiap jam belajar ialah 45 menit.

Karena ada tambahan jam belajar ini dan pengurangan jumlah Kapabilitas Dasar, guru mempunyai kelonggaran waktu untuk meningkatkan proses pembelajaran yang fokus pelajar aktif belajar. Proses pembelajaran pelajar aktif membutuhkan saat yang lebih panjang proses dari pembelajaran pengutaraan info karena peserta didik perlu latihan lakukan memperhatikan, menanya, mengasosiasi, dan berbicara. Proses pembelajaran yang ditingkatkan guru menginginkan kesabaran dalam menanti tanggapan peserta didik karena mereka belum terlatih. Disamping itu pertambahan jam belajar memungkinkannya guru lakukan penilaian proses dan hasil belajar

Perangkat Guru Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan Kelas XI


Perangkat Guru Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan Kelas XI berisi tentang semua perangkat administrasi guru yang bisa di pakai dan dipergunakan untuk kepentingan pembelajaran dan semua file berformat doc. yang pastinya tidak susah dan gampang buat di daur ulang atau di edit lagi untuk keperluan masing masing.

Banyak sekali yang akan di dapat di Perangkat Guru Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan Kelas XI diantaranya Bonus dan file pendukung, tentunya juga bukan sekedar itu aja masi banyak lagi diantaranya, perangkat pembelajaran pkn sd, fokus dari pembelajaran , pendidikan pancasila dan kewarganegaraan adalah, rpp ppkn smk kurikulum 2013 revisi 2019, pembelajaran pkn abad 21, silabus pkn smk kelas xi kurikulum 2013 revisi 2017, silabus ppkn smk kurikulum 2013 revisi 2018 doc, silabus ppkn smk kurikulum 2013 revisi 2018 pdf, rpp pkn smk kurikulum 2013 revisi 2018.

Oke jangan berlama lama lagi mari kita bahas apa yang ada di Perangkat Guru Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan Kelas XI di bawah ini daftarnya  untuk pasword "azzahrappknsma" atau bisa di lihat di gambar di atas:
Dan untu pake bonusnya yang ada di Perangkat Guru Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan Kelas XI diantaranya;

Alhamdullilah untuk postingan Perangkat Guru Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan Kelas XI kali ini cukup sekian dulu, mudah mudahan bisa bermanfaat amin...Jangan lupa bagikan bila berguna ...
Next Post Previous Post
No Comment
Add Comment
comment url