Asesmen Bakat dan Minat (ABM)

Baca Juga

Apa Itu Asesmen Minat Bakat

Apa itu ABM? 

Asesmen Bakat dan Minat (ABM) merupakan tes mengukur potensi seseorang yang dirancang untuk memprediksi kemampuannya pada bidang-bidang khusus serta minat seseorang berdasarkan ketertarikannya pada suatu jenis kegiatan atau pekerjaan tertentu.

Tujuan dan Manfaat

Tujuan

Memberikan informasi ke siswa, sekolah, ataupun orang tua mengenai potensi siswa tersebut pada bidang-bidang khusus berdasarkan aspek yang diukur sehingga diharapkan dapat membuat arah pengembangan dirinya secara lebih jelas dan terencana.

Manfaat

Memprediksi kemampuan siswa jika mendapat kesempatan untuk melanjutkan belajar ke jenjang yang lebih tinggi atau pada situasi yang baru.

Aspek Asesmen Bakat

  1. Verbal
  2. Kuantitatif
  3. Penalaran
  4. Spasial
  5. Mekanika
  6. Bahasa
  7. Klerikal

1. Verbal

Mengukur kemampuan pemahaman konsepkonsep berbentuk verbal atau teks yang bersifat abstrak, kompleks, dan implisit, serta mengungkap performa siswa dalam menghadapi aktivitas yang berhubungan dengan informasi atau gagasan yang diekspresikan secara verbal, misalnya memahami konsep suatu gagasan, menjabarkan konsep ke dalam sesuatu yang bersifat operasional, mengategorikan kata berdasarkan persamaan dan perbedaannya.

2. Kuantitatif 

mengukur kemampuan memecahkan masalah yang melibatkan informasi dalam bentuk numerik atau kuantitatif dengan efektif, dan mengungkap performa siswa dalam menghadapi aktivitas seperti menggunakan operasi bilangan, mengestimasi, memprediksi, dan menentukan hubungan dari informasi-informasi berupa angka dan simbol matematika.

3. Penalaran 

mengukur kemampuan untuk memilih dan mengorganisasi informasi yang relevan untuk menyelesaikan masalah serta menemukan prinsip yang melandasi hubungan antar konsep/informasi yang bersifat kompleks. Aspek ini mengungkap performa siswa dalam berpikir logis, mengambil keputusan yang tepat, dan membuat pertimbangan dengan menggunakan informasi yang lebih komprehensif.

4. Spasial 

mengukur kemampuan memahami informasi berbentuk gambar dan memecahkan masalah dari stimulasi gambar. Aspek ini mengungkap performa siswa ketika melakukan pekerjaan yang melibatkan gambar misalnya mengamati peta, menelaah bangun ruang dari berbagai perspektif, menentukan titik koordinat, atau membuat sketsa gambar 3 dimensi.

5. Mekanika 

mengukur kemampuan pemahaman prinsipprinsip kerja mekanika dasar sehingga mampu memahami cara kerja peralatan atau mesin–mesin sederhana maupun yang lebih kompleks. Aspek ini mengungkap performa siswa ketika dihadapkan pada tugas-tugas yang berkaitan dengan peralatan seperti mesin atau perkakas, melakukan perakitan, bongkar pasang peralatan, atau memasang komponen suatu barang.

6. Penggunaan Bahasa 

mengukur kemampuan dalam menangkap gagasan dari suatu kalimat atau bacaan serta mengomunikasikan gagasannya menggunakan bahasa baku/tata bahasa yang benar. Aspek ini bertujuan mengungkap performa siswa ketika dihadapkan pada tugas-tugas yang berhubungan dengan teks, seperti membuat dan menelaah hasil laporan, mengedit suatu berita, serta membuat karangan tertulis.

7. Klerikal 

mengukur kemampuan menyelesaikan tugastugas kompleks yang membutuhkan kecepatan, ketelitian, konsistensi, dan daya ingat, serta mengungkap performa siswa ketika melakukan pekerjaan sederhana berulang seperti menyortir barang, mengetik, dan mengumpulkan sesuatu yang berulang-ulang dengan cepat.

Asesmen Minat

Minat Dasar

Ketertarikan yang bersifat unik dan relatif menetap yang dimiliki seseorang terhadap aktivitas/pekerjaan tertentu.

Minat Metodis

Ketertarikan pada berbagai aktivitas/pekerjaan yang terarah dan memerlukan sistematika serta membutuhkan pengetahuan dan keahlian untuk melakukan/menjalankannya.

Minat Praktis

Ketertarikan pada berbagai aktivitas/pekerjaan yang membutuhkan keterampilan dan pengalaman teknis yang bersifat mudah dipelajari atau tanpa pelatihan khusus.

Minat Dasar

Minat Dasar

Minat Metodis

Minat Metodis

Minat Praktis

Minat Praktis


Next Post Previous Post
No Comment
Add Comment
comment url
Related Post