Sistem Informasi Inventaris Sarana dan Prasarana Sekolah

Baca Juga

Sistem Informasi Inventaris Sarana dan Prasarana Sekolah

Pemahaman, Arah dan Faedah Pendataan Sarana dan Fasilitas Pendidikan Sistem Informasi Inventaris Sarana dan Prasarana Sekolah

Pemahaman Pendataan Fasilitas dan Fasilitas Pengajaran

Pendataan datang dari kata "inventaris" (Latin = inventarium) yang memiliki arti daftar beberapa barang, bahan dan lain-lain. Pendataan fasilitas dan prasarana pengajaran ialah pendataan atau registrasi beberapa barang punya sekolah ke satu daftar inventaris barang secara teratur dan teratur menurut ketetapan dan tata langkah yang berjalan. Barang inventaris sekolah ialah semua barang punya negara (yang terkuasai sekolah) baik yang diselenggarakan/dibeli lewat dana dari pemerintahan, DPP atau didapat sebagai transisi, hadiah atau hibah dan hasil usaha pembikinan sendiri di sekolah buat mendukung kelancaran proses belajar mengajarkan.

Setiap sekolah harus mengadakan pendataan barang punya negara yang terkuasai/diurusi oleh sekolah masing-masing dengan teratur, teratur dan komplet. Kepala sekolah lakukan dan bertanggungjawab atas terlaksananya pendataan fisik dan pengisian daftar inventaris barang punya negara yang berada di sekolahnya.

Arah Pendataan Fasilitas dan Fasilitas Pengajaran

Pada umumnya, pendataan dilaksanakan dalam rencana usaha pembaruan pengurusan dan pemantauan yang efisien pada fasilitas dan prasarana yang dipunyai oleh satu sekolah. Secara eksklusif, pendataan dilaksanakan dengan arah-tujuan seperti berikut:

  1. Untuk jaga dan membuat teratur administrasi fasilitas dan prasarana yang dipunyai oleh satu sekolah.
  2. Untuk mengirit keuangan sekolah baik pada penyediaan atau untuk perawatan dan penghilangan fasilitas dan prasarana sekolah.
  3. Sebagai bahan atau dasar untuk hitung kekayaan satu sekolah berbentuk materil yang bisa dipandang dengan uang.
  4. Untuk mempermudah pemantauan dan pengaturan fasilitas dan prasarana yang dipunyai oleh satu sekolah.

Faedah Pendataan Fasilitas dan Prasarana Pengajaran

Daftar pendataan barang yang diatur pada suatu organisasi yang komplet, teratur dan terus-menerus bisa memberi faedah, yaitu seperti berikut:

  1. Sediakan data dan info dalam rencana tentukan keperluan dan membuat gagasan keperluan barang.
  2. Memberi data dan info untuk jadi bahan/dasar dalam pembimbingan penyediaan barang.
  3. Memberi data dan info untuk jadi bahan/dasar dalam pendistribusian barang.
  4. Memberi data dan info dalam tentukan kondisi barang (tua, hancur, lebih) sebagai dasar untuk memutuskan penghapusannya.
  5. Memberi data dan info dalam rencana mempermudah pemantauan dan pengaturan barang.


Next Post Previous Post
No Comment
Add Comment
comment url
Related Post