Langkah Memakai Kahoot, Basis Belajar yang Hebat

Baca Juga

Memakai Kahoot, Basis Belajar yang Hebat

Di jaman serba internet ini, belajar juga tidak perlu menjemukan. Telah ada Kahoot sebagai basis berbasiskankan games interaktif hingga proses evaluasi di kelas dapat semakin membahagiakan.

Bukan hanya sebagai fasilitas belajar, Kahoot pas untuk melangsungkan kuis trivia saat berkumpul-kumpul bersama rekan atau sekedar isi waktu senggang.

Lalu bagaimanakah langkah Kahoot bekerja? Secara singkat, basis ini memungkinkannya Anda untuk tampilkan rangkaian masalah pada monitor projector lewat PC. Selanjutnya, siapa saja yang ingin berperan serta tinggal masukkan code PIN pada program Kahoot di Android atau iOS.

Masalah akan ada di monitor dan masing-masing peserta harus menginputkan jawaban yang betul pada monitor handphone. Menarik, kan? Bila Anda ingin cari tahu lebih kembali berlanjut, Carisinyal akan memberinya panduan langkah memakai Kahoot. Siap belajar? Baca beberapa langkah berikut!

Langkah Memakai Kahoot

Tenang saja, memakai Kahoot tidak sesusah yang dipikirkan. Anda cuman membutuhkan akses internet, monitor yang besar, dan piranti Android atau iOS

Buat Account di Kahoot.com

Pertama kali, datangi situs Kahoot pada browser PC Anda. Tuliskan URL "https://kahoot.com" pada kolom alamat situs dan pencet Enter.

perangkatguru kahoot-gambar-1

Selanjutnya, klik tombol Sign Up yang terletak di area pojok kanan atas

perangkatguru kahoot-gambar-2.png

Ada empat opsi type account sesuai jati diri Anda dengan info seperti berikut:
  • Teacher. Type account ini pas bila Anda ialah sebuah pendidik pada lembaga pengajaran seperti sekolah atau kampus.
  • Student. Untuk Anda yang ingin melangsungkan belajar bersama rekan-rekan atau untuk kebutuhan presentasi barisan di kelas.
  • Individual. Bila diharapkan, Anda juga dapat memutuskan untuk tidak mengafiliasikan diri Anda dengan status guru, siswa, atau karyawan. Account ini untuk Anda yang tidak mempunyai arah khusus seperti type-tipe account yang lain.
  • Profesional. Akan melangsungkan town hall rapat atau rapat keseluruhnya? Bermain Kahoot akan memancing ketertarikan rekanan kerja Anda. Ini langkah yang sehat untuk memberinya stimulan pada pegawai yang sukses memenangi permainan.
Click pada salah satunya type account yang diharapkan. Nanti Anda akan diminta keteranagn tempat Anda bekerja, mengajarkan, atau bersekolah. Pada panduan ini, Carisinyal akan memakai type account Individual.

perangkatguru kahoot-gambar-3

Masukan tanggal, bulan, dan tahun lahir Anda pada pola isian yang ada. Kemudian, click Continue.

perangkatguru kahoot-gambar-4

Akan ada situs yang minta Anda untuk mengisikan data nama pemakai atau username. Jika tidak ingin repot pikirkan nama, click saja icon berupa tongkat sichir untuk membikin nama secara random. Click Continue jika sudah

perangkatguru kahoot-gambar-5


Di situs seterusnya, masukan data e-mail dan password untuk mendaftar account. Anda bisa juga pilih daftar menggunakan account Google atau Microsoft untuk proses yang bisa lebih cepat.

perangkatguru kahoot-gambar-6

Selanjutnya, Anda akan disajikan empat paket harga seperti Basic yang dapat didapat dengan gratis dan dapat memuat pemain sampai 10 orang. Lantas ada paket Plus dengan batasan optimal pemain sekitar 20 orang. Untuk paket Plus, Anda perlu bayar $48 tiap tahunnya atau sama dengan Rp700-ribuan /tahun.

Pilihan yang lain ialah Pro yang dapat dimainkan oleh sampai 50 orang dan Kahoot! 360 Pro untuk pemakaian kantor jumlah besar (sampai 2000 orang). Untuk meneruskan proses registrasi, tentukan saja paket yang gratis dengan mengeklik tombol Get Basic seperti gambar di atas.

Buat Sebuah Games

Nach, saat ini sesudah Anda sukses membuat account Kahoot, Anda akan diarahkan ke situs dashboard yang tampilkan beragam info dan opsi menu. Di sini Anda dapat meng-upgrade account, menyaksikan perkembangan permainan apa yang pernah dimainkan, menelusuri opsi games paling atas, dan lain-lain.

perangkatguru kahoot-gambar-7

Anda dapat mengeklik menu See how it works untuk berperan serta di dalam permainan demonstrasi. Tetapi bila langsung ingin membuat games, click pada tombol Create kahoot.

perangkatguru kahoot-gambar-8

Bila tidak mau membuat pertanyaan dan jawaban dari sejak awalnya, Anda bisa juga pilih satu dari opsi template yang ada. Jika Anda lebih sukai membuat games dari 0, tentukan Create.

perangkatguru kahoot-gambar-9

Gambar di atas sebagai antar-muka untuk masukkan info sekitar games seperti pertanyaan, jawaban, point, dan sebagainya. Berikut penjelasan dari tiap-tiap komponen di atas:
  1. Kolom ini ialah sebuah placeholder untuk pertanyaan yang hendak diperlihatkan dalam games. Tulis pertanyaan kuis Anda di sini.
  2. Anda bisa juga atur batasan waktu untuk menjawab masalah ini. Opsinya terbagi dalam 5 detik, 10 detik, 20 detik, sampai yang paling lama 120 detik.
  3. Masing-masing masalah yang sukses dijawab akan menambahkan point. Nach, pada bagian ini Anda dapat geser slider-nya ke kiri untuk 0 point atau ke kanan untuk 2000 point. Secara standar, satu masalah akan memberinya point 1000 bila sukses dijawab secara benar.
  4. Answer Options sebagai pilihan yang atur apa pemain cuman dapat pilih satu jawaban atau lebih satu jawaban.
  5. Di bagian ini, Anda dapat memasangkan gambar, baik itu sekedar hanya contoh atau berbentuk panduan. Click Gambar library untuk pilih photo yang disiapkan oleh Kahoot! atau click Unggah Gambar untuk memasang photo yang Anda punyai di hardisk. Oh ya, Anda bisa juga masukkan video memakai link YouTube, lho!
  6. Masukan lah minimum 2 opsi jawaban dan tentukan jawaban yang betul dengan mengeklik dalam lingkaran. Anda bisa juga membuat masalah ini supaya mempunyai lebih satu jawaban yang betul. Opsi jawaban pun tidak harus berupa tulisan - Anda dapat menukarnya dengan gambar.
  7. Click tombol Add question untuk menambah beberapa soal selanjutnya.
  8. Kekurangan gagasan? Anda juga dapat mengeklik Question bank dan mencomot bermacam pertanyaan yang sudah dibuatkan oleh pemakai Kahoot! yang lain.
Sesudah Anda senang menambah beberapa pertanyaan dan penataannya, click tombol Done untuk mengakhiri proses pembikinan games.

perangkatguru kahoot-gambar-10

Masukan judul dan deskripsi permainan di kolom yang ada, lalu click tombol Continue bila .

Jadi Host pada Sebuah Permainan

perangkatguru kahoot-gambar-11

Sekarang Anda telah sukses membuat games kahoot dan bisa memainkan. Untuk bermain permainan yang barusan Anda bikin, click Play now

perangkatguru kahoot-gambar-12

Sekarang Anda telah sukses membuat games kahoot dan bisa memainkan. Untuk bermain permainan yang barusan Anda bikin, click Play now

perangkatguru kahoot-gambar-13

Kahoot! tawarkan dua type permainan, yaitu Classic dan Tim Model. Pada model Classic, setiap orang bermain memakai satu piranti. Sementara untuk Tim Model, satu team dapat terbagi dalam 2 orang yang memakai satu piranti yang serupa. Di panduan ini, kami akan memakai model Classic.

perangkatguru kahoot-gambar-14

Nach, seterusnya penampilan monitor bisa menjadi seperti pada atas. Ini ialah waktunya Anda menyambungkan netbook ke projector supaya keseluruhnya pemain dalam ruang dapat menyaksikan Games PIN secara jelas.

Jadi Pemain di Kahoot!

Sesudah seorang Host tampilkan Games PIN di monitor, seorang pemain dapat masukkan PIN itu pada suatu piranti. Anda dapat memakai PC, handphone, atau tablet, dasarnya piranti yang ada browser-nya. Tuliskan www.kahoot.it pada address bar dan pencet Enter.

perangkatguru kahoot-gambar-15

Seterusnya, browser akan tampilkan kolom untuk diisikan Games PIN. Tuliskan Games PIN yang tercantum pada monitor host dan pencet Enter untuk mengawali permainan.

perangkatguru kahoot-gambar-16

Masukan nick-name pada kolom bila disuruh. Beberapa kasus tertentu cuman memungkinkannya pemain untuk pilih nama secara random, bergantung dari ketentuan yang diterapkan host saat sebelum mengawali permainan. Apabila sudah usai, click OK, go! untuk meneruskan.

perangkatguru kahoot-gambar-17

Saat ini lihatlah pada monitor host. Apa nama Anda telah terpajang pada monitor? Gambar di atas memperlihatkan jika telah ada dua pemain yang tergabung. Bila semua siswa atau anggota rapat telah tergabung semua, host dapat memencet tombol Start untuk mengawali permainan.

Menjawab Pertanyaan

Nach, demikian permainan telah diawali, pemain harus cepat menyaksikan pertanyaan yang terpajang pada monitor host. Pertanyaan dapat dijawab dengan mekanisme opsi double. Dan bergantung ketentuan bermain, Anda kemungkinan cuma dapat pilih satu jawaban atau lebih satu jawaban.

perangkatguru kahoot-gambar-18


Pertanyaan dan jawaban cuman akan terpajang pada monitor. Itu kenapa, host harus jamin jika monitor projector atau TV yang dipakai dapat disaksikan oleh semua peserta. Ditiru masalah ini, jawaban yang betul ialah A princess, atau wujud persegi dengan background hijau.

perangkatguru kahoot-gambar-19

Oleh karenanya, pilih lambang dan warna yang sesuai jawaban yang menurut Anda betul. Pilih lambang kotak dengan background hijau.

Nach, saat ini Anda ketahui triknya jawab pertanyaan, kan? Usahakanlah untuk menjawab semua pertanyaan secara benar. Nanti, nama dari 3 orang peserta yang mempunyai score paling tinggi akan diperlihatkan diakhir permainan.

Penutup 

Panduan ini sudah menerangkan bagaimanakah cara membuat games di Kahoot!, langkah jadi host, dan langkah menjawab sebagai pemain. Tidak susah, kan? Kahoot! memang sebuah basis yang pas di semua keadaan, baik pada ranah professional atau sebagai aktivitas dalam suatu acara pesta.

Ada sedikit trick yang hendak bermanfaat untuk Anda. Bila ingin memainkan secara remote, Anda tinggal perlu memakai feature screensharing pada Zoom atau Google Meet. Dengan ini, Kahoot! bisa juga dipakai secara ramai-ramai walaupun tanpa berjumpa secara fisik. Apakah sudah Anda coba memakai Kahoot? Beri pesan dan kesannya lewat kotak kometar, ya!
Next Post Previous Post
No Comment
Add Comment
comment url
Related Post