Indonesia Website Awards

Langkah Isi Program Pangkalan Data AKMI (PD AKMI) 2021

Baca Juga

Program Pangkalan Data AKMI

Bagaimana  Langkah Isi Program Pangkalan Data AKMI (PD AKMI) 2021

Berkaitan dengan penyelenggaraan Asesmen Kompetensi Madrasah Indonesia, madrasah pelaksana, disamping lakukan pengisian data lewat situs Bagian II Madrasah Education Quality Reform (MEQR), isi Aplikasi Pangkalan Data AKMI atau PD AKMI 2021.

Aplikasi Pangkalan Data Asesmen Kompetensi Madrasah Indonesia atau PD AKMI berisi data berkaitan dengan data kelembagaan, Team Madrasah (Proktor, Mekanik, dan Pengawas), Data Pelajar, dan kelengkapan saranma prasarana dalam mengadakan AKMI. Disamping itu ada menu berkaitan penerapan AKMI seperti server, sesion peserta, penempatan pengawas ruangan, bikin kartu peserta, sampai mangkirsi peserta AKMI 2021.

Program ini bisa dijangkau lewat situs https://pdakmi.kemenag.go.id/ dan akses login memakai NSM dan sandi seperti akses ke situs Bagian II Madrasah Education Quality Reform (MEQR) (https://appmadrasah.kemenag.go.id/komponen2/validasi/).

Secara lengkap berkaitan bagaimanakah cara lakukan pengisian data dan data apa yang perlu diisi di situs Pangkalan Data AKMI, akan dirinci berikut ini.

1. Login dan Dasbor PD-AKMI

Untuk login ke situs PD AKMI 2021, beberapa langkahnya ialah:
  1. Membuka situs PD AKMI yang beralamat di https://pdakmi.kemenag.go.id/
  2. Masukan NSM sebagai username. Bila awalnya tidak pernah menukar sandi pada situs appmadrasah, karena itu sandidnya akan sama dengan username, yakni NSM. Tapi bila awalnya telah lakukan pergantian sandi di situs appmadrasah, pakai sandi rubahan tersebut.
  3. Login sukses lalu tampil lah halaman dashbord PD-AKMI.
Situs PD-AKMI mempunyai beberapa menu yang terdiri dari Dasbor, Team Madrasah, Data Instansi, Data Pelajar, dan Check Kelengkapan. Ditambah lagi menu Penerapan AKMI yang terdiri dari Server, Sesion Peserta, Pengawas, Bikin Kartu, dan Bikin Absen. Paling akhir ada menu Log out.

Mari Madrasah merasakan menu profile tidak aktif dan menu untuk lakukan perombakan sandi tidak ada. Hingga jika ingin lakukan penggantian sandi nampaknya harus lewat situs Bagian II MEQR  (https://appmadrasah.kemenag.go.id/komponen2/validasi/).

2. Menu Team Madrasah PD-AKMI

Menu Team Madrasah ialah data mengenai Team Madrasah yang terdiri dari Proktor, Mekanik, dan Pengawas. Data ini seperti yang diisikan lewat situs Elemen II MEQR. Entahlah mengapa, data itu harus diisi ulangi lewat situs ini. Untuk mengisinya lumayan mudah, yakni:
  • Membuka menu "Team Madrasah"
  • Click tombol "Lebih" di sudut atas kanan
  • Terbuka jendela "Lebih Team" isi kolom-kolom yang ada dimulai dari NIP (bila ada), Nama, E-mail, Tipe Kelamin, Tempat Lahir, Tanggal Lahir, dan Kedudukan dengan opsi sebagai Proktor, Tekniksi, atau Pengawas
  • Bila telah berisi semua, click "Save Changes"
  • Jendela "Team Madrasah" akan tertutup dan hasil isian terdaftar di dasbor menu Team Madrasah. Daftar Team Madrasah bisa di-edit ulangi bahkan juga dihapus lewat menu ini.
  • Ulang beberapa langkah di atas untuk keseluruh Team Madrasah yang terdiri dari Proktor, Mekanik, dan Pengawas terdata semua.

3. Menu Data Instansi PD-AKMI

Menu selanjutnya ialah Data Instansi.

Dalam menu ini ada banyak data yang perlu diisi dimulai dari model penerapan AKMI (Online atau Semi-Online), Status Penerapan (Berdikari, Berdikari Ditumpangi, atau Menumpang), Jumlah Server yang dipunyai, Jumlah PC/Netbook Punya Madrasah, dan PC/Netbook bukan Punya Madrasah.

Sedang untuk data Identitas Madrasah (Nama Madrasah, NSM. dan NPSN) dan jumlah pelajar akan berisi automatis berdasar sesuai Emis. Bila ada ketidaksamaan dapat lakukan pengajukan peralihan data ke Team Tehnis Kabupaten/Kota.

Bila beberapa data telah berisi, sila click Taruh.

4. Menu Data Pelajar

Dalam menu Data Pelajar PD-AKMI, madrasah tak perlu lakukan pengisian lewat cara manual. Cukup hanya lakukan penyelarasan dengan Emis karena itu data pelajar akan terinput secara automatis. Dengan catatan, data pelajar di Emis, khususnya untuk pelajar kelas 5 telah berisi semua dan benar.

Untuk lakukan penyelarasan data pelajar triknya lumayan gampang. Click saja tombol "Sync Emis" di sudut atas kanan. Nantikan mekanisme lakukan sinronisasi sesaat. Sesudah sukses sesuai, karena itu data pelajar akan tertampil di dashboar menu ini.

5. Menu Check Kelengkapan

Berisi daftar nama calon peserta Asesmen Kapabilitas Madrasah Indonesia dengan beberapa tanda yang mencakup NISN, Nama Pelajar, Nomor Peserta, Masa, Ruangan, dan Sesion.

Data dan tanda kelengkapan pada data di menu ini berkaitan dengan pengisian dalam menu Penerapan AKMI yang mencakup server, sesion peserta, penempatan pengawas ruangan, bikin kartu peserta, sampai mangkirsi peserta AKMI 2021.

6. Menu Penerapan/Pelaksanaan AKMI

Menu Penerapan terdiri dari submenu server, sesion peserta, penempatan pengawas ruangan, bikin kartu peserta, sampai mangkirsi peserta AKMI 2021. Submenu Server untuk menambah server sesuai yang dipunyai oleh madrasah. Apa cuman satu server, atau lebih. Masing-masing server dipakai untuk ruangan berapapun
  • Submenu Sesion Peserta dipakai untuk atur dan tentukan seorang peserta turut AKMI pada masa (tanggal) berapakah, ruangan berapakah, dan sesion ke berapakah. Opsi pada kolom ruangan kan ada sesudah ruang pada submenu Server diisi.
  • Sesudah isi janganlah lupa untuk mengeklik Taruh/Simpan.
  • Submenu Pengawas akan berisi otomamatis sesudah ruang pada submenu Server diisi. Submenu ini berisi code pengawas, sandi, nama ruang, dan NSM dan Nama Madrasah.
  • Submenu Bikin Kartu dipakai untuk cetak kartu peserta AKMI. Supaya bisa cetak kartu awalnya harus telah isi dahulu submenu Sesion Peserta.
  • Submenu Bikin Mangkir dipakai untuk cetak mangkirsi peserta AKMI.
Demikian tutorial dalam isi program PD AKMI (Pangkalan Data Asesmen Kapabilitas Madrasah Indonesia) Tahun 2021.

 Langkah Isi Program Pangkalan Data AKMI (PD AKMI) 2021




Next Post Previous Post
No Comment
Add Comment
comment url
Related Post