Kerjasama Pelajar Madrasah-SMA Menangkan Olimpiade Kebumian Internasional di Russia

Baca Juga

Kerjasama Pelajar Madrasah-SMA Menangkan Olimpiade Kebumian Internasional di Russia


Team Indonesia raih medali The 14th International Earth Science Olympiad (IESO) atau Olimpiade Kebumian Internasional tahun 2021. Gelaran yang terpusat di Tyumen, Siberia, Russia ini diadakan secara online, 25-30 Agustus 2021.

IESO ialah gelaran persaingan pelajar pra-perguruan tinggi ( sekolah menengah ) untuk sektor pengetahuan kebumian yang mencakup pengetahuan berkenaan geosfer (geologi dan geofisika), hidrosfer (hidrologi dan oseanografi), atmosfer (meteorologi dan klimatologi) dan astronomi.

Aktivitas ini dipayungi oleh International Geoscience Education Organization (IGEO) yang disebut satu organisasi internasional dengan anggota beberapa pengajar/organisasi/lembaga pengajaran pengetahuan kebumian di penjuru dunia bagus untuk tingkat pra-perguruan tinggi atau perguruan tinggi.

Pada IESO 2021, Team Kebumian Indonesia terdiri dari delapan pelajar dari 7 kota, tiga salah satunya ialah pelajar madrasah. Mereka ialah Andrereza Medya Endrikaputra (MAN Individu Intelek Lampung Timur, Lampung), Hilman Agung Saputra (MAN 2 Kota Malang Jawa Timur), Rani Saraswati (MAN 2 Kota Malang Jawa Timur), Eillen Theodora (SMAK Petra 2 Surabaya Jawa Timur), Sean Matthew (SMAK Petra 2 Surabaya), Tania Cresentia (SMA Kristen Immanuel Pontianak), Iqbal Rakha Pertama (SMA IT Nur Hidayah Sukoharjo Jawa Tengah), dan Glady Sajidah Zahra (SMA Kesatuan Bangsa Bantul D.I Yogyakarta).

Team ini raih dua medali perunggu (Good) di gelaran IESO 2021. Satu medali pada kelompok Riset Nasional dan satu kembali pada Kelompok Pribadi.

"Kami merasa senang dan memberinya animo ke semua pelajar madrasah yang sudah berhasil raih prestasi yang membesarkan hati, mengharumkan nama madrasah dan bangsa pada The 14th International Earth Science Olympiad (IESO) 2021, dengan raih dua medali sekalian. Ini ialah prestasi yang paling mengagumkan," jelas Direktur Kurikulum, Fasilitas, Kelembagaan dan Kesiswaan (KSKK) Madrasah Ditjen Pengajaran Islam, Moh. Isom, di Jakarta, Rabu (1/9/2021).

"Kita akan dukungan terus dan fasilitasi secara baik supaya mutiara-mutiara dari madrasah tampil ke atas bertanding dalam even baik pada tingkat nasional bahkan juga internasional," tutupnya.
Next Post Previous Post
No Comment
Add Comment
comment url
Related Post