Buku Kerja Guru Akhidah Akhlak Kelas XI

Baca Juga

Buku Kerja 1 Akhidah Akhlak 

Buku Kerja Guru  1 Akhidah Akhlak

Seorang guru memerlukan Buku Kerja Guru sebagai tutorial penerapan pekerjaan mengajarkan/mendidik. Buku kerja itu jadi piranti administrasi harus berisi instrument yang disamakan dengan kurikulum yang berjalan.

Sampai sekarang ini, beberapa sekolah di Indonesia masih mengaplikasikan Kurikulum 2013 edisi koreksi. Edisi koreksi itu dikerjakan dengan dasar hukum Permendikbud No 20-24 th. 2016.

  • Dasar hukum itu atur mengenai:
  • Standard Kapabilitas Alumnus (No. 20)
  • Standard Isi untuk Pengajaran Dasar dan Pengajaran Menengah (No. 21)
  • Standard Proses pada Pengajaran Dasar dan Pengajaran Menengah (No. 22)
  • Standard Penilaian Hasil Belajar (No. 23)
  • Kapabilitas Pokok dan Kapabilitas Dasar untuk Pengajaran SMK (no. 24)

Ada koreksi terkini ini, beberapa guru harus sesuaikan dalam pembikinan/pengaturan Buku Kerja Guru. Pola, elemen dan klasifikasi setiap instrument pada buku kerja itu alami beberapa peralihan.

Instrument yang alami peralihan yang paling berarti ialah Gagasan Penerapan Evaluasi atau RPP, Standard Kapabilitas Alumnus atau SKL dan Silabus Evaluasi.

Merujuk pada ketentuan yang telah diputuskan, berikut ialah Buku Kerja Guru 1,2,3,4 Kurikulum 2013 terhitung instrumen-instrumen didalamnya

1. Analitis SKL, KI dan KD

Instrument ini ialah rumusan mengenai keterikatan di antara SKL (Standard Kapabilitas Lulusan), Kapabilitas Pokok (KI), dan Kapabilitas Dasar (KD).

Secara susunan, KI sebagai turunan dari SKL dan KD sebagai turunan dari KI.

SKL ialah dasar untuk penilaian yang tentukan kelulusan pelajar pada tingkatan tertentu. Ruang cakup SKP terdiri dari unit pengajaran, barisan mata pelajaran dan mata pelajaran.

KI ialah kapabilitas yang diperlukan untuk dapat capai SKL, salah satunya: Sikap Religiusisme, Sikap Sosial, Pengetahuan dan Ketrampilan.

KD ialah beberapa kekuatan pada mata pelajaran tertentu yang perlu terkuasai pelajar. KD harus dapat diraih untuk dapat penuhi KI. KD jadi referensi untuk membuat tanda kapabilitas satu pelajaran.

2. Silabus

Silabus ialah satu formasi gagasan evaluasi pada mata pelajaran atau topik tertentu.

Silabus meliputi beberapa elemen yakni:

  • Standard Kapabilitas,
  • Kapabilitas Dasar,
  • Materi Dasar,
  • Aktivitas Evaluasi,
  • Tanda Perolehan,
  • Penilaian,
  • Peruntukan Waktu Evaluasi,
  • Sumber Belajar.

3. RPP

Gagasan Penerapan Evaluasi atau RPP ialah satu rencana yang dibikin oleh guru untuk berencana proses dan koordinasi evaluasi.

Elemen khusus yang ada dalam RPP yakni: Materi Evaluasi (Diperpecah per pertemuan), Sistem Evaluasi yang bakal dipakai, Cara Evaluasi per tatap muka berikut Peruntukan Waktu, Sumber Belajar. Masih tetap ada beberapa elemen pendukung yang lain.

4. KKM

Persyaratan Ketuntasan Minimum atau KKM sekolah ditetapkan dalam permufakatan dewan guru. Umumnya ditetapkan di awal tahun tuntunan baru.

Bagi para guru  Akhidah Akhlak Kelas XI operator sudah mempersiapkan file file yang mungkin bisa di pakai dan di pergunakan untuk para guru semua, di bawah ini operator sediakan file file tersebut.

  1. Buku Kerja  Guru Analisis Keterkaitan KI dan KD XI
  2. Buku Kerja  Guru KKM Akidah XI
  3. Buku Kerja  Guru RPP I Akidah Akhlak XI
  4. Buku Kerja  Guru RPP II Akidah Akhlak XI
  5. Buku Kerja  Guru Silabus XI
  6. Buku Kerja  Guru Akidah Akhlak MA XI

Mudam mudahan Buku Kerja Guru Akhidah Akhlak Kelas XI bisa membantu bpk ibu guru madrasah dalam melaksanakan pembelajaran di masing masing sekolah/madrasah.

Baca Juga 

Buku Kerja Guru 2 Akhidah Akhlak XI  

Next Post Previous Post
No Comment
Add Comment
comment url
Related Post