Indonesia Website Awards

PEDOMAN PELAKSANAAN MASA TA'ARUF SISWA MADRASAH (MATSAMA) TAHUN PELAJARAN 2021/2022

Baca Juga


Tiap tahun tuntunan baru, proses evaluasi di lingkungan Madrasah kesemua tingkatan, dimulai dari tingkat Raudlatul Athfal (RA), Madrasah Ibtidaiyyah (MI) s/d Madrasah Aliyah (MA) selalu dengan diawali periode tujuan atau pengenalan berkenaan lingkungan Madrasah ke peserta didik baru. Aktivitas ini umumnya dikenali dengan istilah "Masa Ta'aruf Pelajar Madrasah (MATSAMA)".

Lewat aktivitas berikut, beberapa peserta didik akan diperkenalkan berkenaan mekanisme evaluasi, keunikan, watak dan budaya yang berada di lingkungan madrasah. Hingga kehadiran dari MATSAMA ini akan ikut tentukan sukses atau tidak semua proses evaluasi di Madrasah pada periode seterusnya.

Untuk itu, semua serangkaian aktivitas MATSAMA agar lebih memiliki sifat mendidik, sanggup tumbuhkan kreativitas dan pengembangan ke beberapa peserta didik. Hingga dalam realisasinya, semua aktivitas Matsama harus sanggup memberinya pengalaman yang membahagiakan ke beberapa peserta didik baru. Seperti tertera dalam dasar penyelenggaran pengajaran Nasional dan Ketentuan Menteri Pengajaran dan Kebudayaan Nomor 18 Tahun 2016, mengenai Pengenalan Lingkungan sekolah Untuk Pelajar baru.

Adapun arah dari penerapan dari aktivitas MATSAMA ini ialah seperti berikut:

  1. Memperkenalkan lingkungan, nilai dan watak khusus madrasah ke beberapa peserta didik baru, supaya sepanjang proses evaluasi bisa terbentuk rasa nyaman dan aman untuk mereka untuk meningkatkan semua kekuatan diri dan kekuatannya.
  2. Tumbuhkan kultur dan jiwa senang ke beberapa peserta didik baru untuk belajar bersama-sama dan menyukai dan jaga nama baik almaternya
  3. Memberikan dan perkuat nilai-nilai moderasi beragama dan watak keIndonesia-an ke beberapa peserta didik baru

Untuk Materi apa yang perlu dikatakan, waktu penerapan dan aktivitas yang lain silakan ambil surat selebarannya di sini

Next Post Previous Post
No Comment
Add Comment
comment url
Related Post