Indonesia Website Awards

Perangkat Guru Alquran Hadis Kelas XI Kurikulum 2013

Baca Juga

Perangkat Guru Alquran Hadis Kelas XI Kurikulum 2013


Pemahaman Al-Quran dan Hadits - Al-Quran dan Hadits ialah sumber khusus untuk umat islam di penjuru dunia untuk jalani kehidupan. Al-Quran ialah mukjizat paling besar Nabi Muhammad SAW yang di turunkan padanya secara perlahan-lahan lewat mediator malaikat Jibril. Bukan hanya Al-Quran, Allah turunkan firman-firman nya ke Nabi Muhammad yang disebutkan dengan hadits. Tetapi, ada banyak hal yang membandingkan hadits dan Al-Quran. Al-Quran sendiri harus digenggam saat kita pada kondisi suci dari hadas kecil atau hadas besar, dan hadits bisa dibaca meskipun kita sedang tidak pada kondisi suci.

Ayat-Ayat Al-Quran ialah ayat yang perlu dibaca saat umat islam melakukan sholat, dan hadits jangan dibaca saat sholat. Demikianlah beberapa ketidaksamaan di antara Al-Quran dan Hadits. Untuk ketahui Al-Quran dan hadits lebih dalam, baca tulisan berikut ini.

 

اِنَّ اللّٰهَ اشْتَرٰى مِنَ الْمُؤْمِنِيْنَ اَنْفُسَهُمْ وَاَمْوَالَهُمْ بِاَنَّ لَهُمُ الْجَنَّةَۗ يُقَاتِلُوْنَ فِيْ سَبِيْلِ اللّٰهِ فَيَقْتُلُوْنَ وَيُقْتَلُوْنَ وَعْدًا عَلَيْهِ حَقًّا فِى التَّوْرٰىةِ وَالْاِنْجِيْلِ وَالْقُرْاٰنِۗ وَمَنْ اَوْفٰى بِعَهْدِهٖ مِنَ اللّٰهِ فَاسْتَبْشِرُوْا بِبَيْعِكُمُ الَّذِيْ بَايَعْتُمْ بِهٖۗ وَذٰلِكَ هُوَ الْفَوْزُ الْعَظِيْم

“Sesungguhnya Allah membeli dari orang-orang mukmin, baik diri mau-pun harta mereka dengan memberikan surga untuk mereka. Mereka berperang di jalan Allah; sehingga mereka membunuh atau terbunuh, (sebagai) janji yang benar dari Allah di dalam Taurat, Injil, dan Al-Qur’an. Dan siapakah yang lebih menepati janjinya selain Allah? Maka bergembiralah dengan jual beli yang telah kamu lakukan itu, dan demikian itulah kemenangan yang agung.”
Isi atau tubuh dari Al-Quran disusun dalam bentuk bahasa Arab Klasik, hal ini juga diyakini merupakan transkrip literal dari Allah SWT yang kemurnian atau keasliannya sangat terjaga. Hal ini bahkan dijanjikan dalam Al-Quran itu sendiri pada surat Al-Buruj ayat 21-22 yang berbunyi:

بَلْ هُوَ قُرْاٰنٌ مَّجِيْدٌۙ
فِيْ لَوْحٍ مَّحْفُوْظٍ

“Bahkan (yang didustakan itu) ialah Al-Quran yang mulia.”
“Yang (tersimpan) dalam (tempat) yang terjaga (Lauh Mahfuzh).”

Tentu saja, kata Al-Quran yang ada ini berbentuk yang lain dengan beragam makna. Banyak pakar yang menjelaskan jika istilah Al-Quran sebagai persamaan dengan bahasa Syiria yang ini berarti ‘membaca kitab suci atau pelajaran'. Lepas dari itu, kata Al-Quran jadi istilah dengan bahasa Arab.
Dalam ayat lain. istilah Al-Quran mengarah pada satu perihal yang dibacakan oleh Nabi Muhammad. Kerangka ini kelihatan dalam surat Al-Araf ayat 203-204 yang mengeluarkan bunyi,

وَاِذَا لَمْ تَأْتِهِمْ بِاٰيَةٍ قَالُوْا لَوْلَا اجْتَبَيْتَهَاۗ قُلْ اِنَّمَآ اَتَّبِعُ مَا يُوْحٰٓى اِلَيَّ مِنْ رَّبِّيْۗ هٰذَا بَصَاۤىِٕرُ مِنْ رَّبِّكُمْ وَهُدًى وَّرَحْمَةٌ لِّقَوْمٍ يُّؤْمِنُوْنَ
وَاِذَا قُرِئَ الْقُرْاٰنُ فَاسْتَمِعُوْا لَهٗ وَاَنْصِتُوْا لَعَلَّكُمْ تُرْحَمُوْنَ

“Dan apabila engkau (Muhammad) tidak membacakan suatu ayat kepada mereka, mereka berkata, “Mengapa tidak engkau buat sendiri ayat itu?” Katakanlah (Muhammad), “Sesungguhnya aku hanya mengikuti apa yang diwahyukan Tuhanku kepadaku. (Al-Qur’an) ini adalah bukti-bukti yang nyata dari Tuhanmu, petunjuk dan rahmat bagi orang-orang yang beriman.”

“Dan apabila dibacakan Al-Qur’an, maka dengarkanlah dan diamlah, agar kamu mendapat rahmat.”.
Al-Quran menggambarkan dirinya sendiri sebagai pembeda atau Al-Furqan, kitab utama atau Ummul Kitab, Penuntun atau Huda, kebijaksanaan atau Hikmah, Pengingat atau Dzikir, dan sesuatu yang diturunkan dari tempat yang lebih tinggi ke tempat yang rendah atau Tanzil.
Pada kesempatan kali ini operator berbagi Perangkat Guru Alquran Hadis Kelas XI Kurikulum 2013 yang mungkin bisa di pakai atau dipergunakan oleh rekan rekan guru semua yang ada di manapun, dengan adanya Perangkat Guru Alquran Hadis Kelas XI Kurikulum 2013 bisa membantu.

Perangkat Guru Alquran Hadis Kelas XI Kurikulum 2013 

  1. SILABU
  2. PROMES DAN PROTA
  3. RPP Qurdis
  4. KTSP AL-QURAN
  5. BONUS UNTUK KEPSEK
  6. LAIN-LAIN UNTUK MA
Next Post Previous Post
No Comment
Add Comment
comment url
Related Post