Strategi Pelatihan Dasar MOOC Latsar CPNS

Strategi Pelatihan Dasar MOOC Latsar CPNS
Strategi Pelatihan Dasar MOOC Latsar CPNS

Pelatihan Dasar Calon Pegawai Negeri Sipil

Training Paling Dasar Calon Pegawai Negeri Sipil atau dipersingkat Latsar CPNS atau cukup disebutkan Latsar ialah persyaratan untuk Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) untuk dipilih jadi Pegawai Negeri Sipil (PNS). Saat sebelum tahun 2015 dikenali sebagai Pengajaran dan Training Prajabatan atau dipersingkat Diklat Prajabatan atau cukup disebutkan Prajab. 

Dalam Ketentuan Pemerintahan No. 101 Tahun 2000 mengenai pengajaran dan training kedudukan Aparat Sipil Negara (Karyawan Negeri Sipil), diantaranya diputuskan beberapa jenis diklat ASN/PNS. Salah satunya tipe diklat ialah Latsar CPNS (Kelompok I, II, atau III) yang disebut persyaratan pengangkatan Calon Karyawan Negeri Sipil (CPNS) menjadi ASN/PNS seperti kelompok tertera di atas. 

Latsar CPNS dilakukan untuk memberi pengetahuan untuk pembangunan wacana berkebangsaan, personalitas dan norma Pegawai Negeri Sipil, knowledge base mengenai mekanisme penyelenggaraan pemerintah negara, sektor pekerjaan dan budaya organisasinya agar sanggup melakukan pekerjaan dan peranannya sebagai pelayan warga.

Pegawai Negeri Sipil (PNS) sebagai elemen khusus sumber daya manusia Aparat Sipil Negara (ASN) mempunyai peran penting dalam tentukan kesuksesan penyelenggaraan pemerintah dan pembangunan. Figur PNS yang sanggup mainkan peran itu ialah PNS yang mempunyai kapabilitas yang ditandai dari sikap dan sikapnya yang sarat dengan kesetiaan dan ketaatan ke negara, berakhlak dan bermental baik, professional, sadar akan tanggung jawab sebagai pelayan khalayak, dan sanggup jadi perekat persatuan dan kesatuan bangsa.

Agar bisa membuat figur Pegawai Negeri Sipil PNS di atas, perlu dikerjakan pembimbingan lewat lajur training dasar (latsar) yang ke arah ke usaha kenaikan:

Sikap dan semangat dedikasi yang fokus pada kebutuhan warga, bangsa, negara, dan tanah air.

Kapabilitas tehnis, managerial, dan/atau kepimpinannya.

Efektivitas, efektifitas dan kualitas penerapan pekerjaan yang dilaksanakan dengan semangat kerja sama dan tanggung jawab sesuai lingkungan kerja dan organisasinya.

Sesuai ketetapan dalam Ketentuan Pemerintahan No. 101 Tahun 2000, Latsar CPNS (Kelompok I, II, dan III) mempunyai tujuan:

  • Tingkatkan pengetahuan, ketrampilan, ketrampilan dan sikap agar bisa melakukan pekerjaan secara professional dengan didasari personalitas dan norma Pegawai Negeri Sipil (PNS) sesuai keperluan lembaga.
  • Membuat aparat yang sanggup berperanan sebagai pembaharu dan perekat persatuan dan kesatuan bangsa.
  • Menguatkan sikap dan semangat dedikasi yang fokus pada servis, pengayoman, dan pendayagunaan warga.
  • Membuat kecocokan misi dan dinamika sudut pandang dalam melakukan pekerjaan pemerintah umum dan pembangunan untuk diwujudkannya kepemerintahan yang benar dan baik.

Target Latsar CPNS (Kelompok I, II, dan III) ialah diwujudkannya Pegawai Negeri Sipil (PNS) yang mempunyai kapabilitas yang sesuai syarat pengangkatan menjadi Pegawai Negeri Sipil (PNS).


MOOC Latsar CPNS 2021, Pelatihan Dasar untuk Jadi PNS

Latsar ialah pengajaran dan training dalam Periode Prajabatan yang dilaksanakan secara terpadu untuk membuat kredibilitas kepribadian, kejujuran, semangat dan motivasi nasionalisme dan berkebangsaan, watak personalitas yang unggul dan bertanggungjawab, dan perkuat profesionalisme dan kapabilitas sektor. 

Training Dasar CPNS mempunyai tujuan untuk meningkatkan kapabilitas CPNS yang dilaksanakan secara terpadu. Kapabilitas diukur berdasar kekuatan memperlihatkan sikap: 
  • Sikap bela negara; 
  • Mengaktualisasikan nilai-nilai dasar PNS dalam penerapan pekerjaan kedudukannya; 
  • Mengaktualisasikan posisi dan peranan PNS dalam rangka Negara Kesatuan Republik Indonesia; dan 
  • Memperlihatkan kepenguasaan Kapabilitas Tehnis yang diperlukan sesuai sektor pekerjaan. 

Diambil dari Instansi Administrasi Negara (LAN), Latsar CPNS cuman bisa mengikut sekitar 1x oleh tiap CPNS. Jika CNS dipastikan tidak lulus Latsar, karena itu yang berkaitan dihentikan oleh Petinggi pembimbing Kepegawaian (PPK) sebagai CPNS dan automatis tidak menjadi PNS.

Langkah mengikut Latsar CPNS dapat dengan login ke Massive Open Online COurse (MOOC) di link http://ikk-pusaka.lan.go.id/. Click Login pada situs MOOC Latsar CPNS. Masukan Usernama dan click Next

Pelatihan Dasar CPNS bisa dikerjakan berbentuk: 
a. Training Klasikal; atau 
b. Blended Learning. 

Training Dasar CPNS Klasikal sebagai Training Dasar CPNS yang taktik pembelajarannya sejumlah besar dilaksanakan lewat proses evaluasi bertemu muka dalam kelas. 

Sedang training Dasar CPNS Blended Learning sebagai Training Dasar CPNS yang dilaksanakan dengan memadankan proses evaluasi bertemu muka dalam kelas dengan proses evaluasi secara daring. 

Blended Learning dikerjakan lewat 3 sisi evaluasi yakni:

a. Pelatihan Mandiri 

  • Peserta melakukan login ke aplikasi MOOC dengan menggunakan NIP; 
  • Peserta menyimak video pembukaan; 
  • Peserta memelajari agenda pelatihan melalui beragam media yang tersedia; 
  • Peserta mengerjakan evaluasi akademik dalam bentuk pilihan ganda. 

b. Distance Learning 

  • Peserta melakukan login pada platform LMS LAN setelah lembaga pelatihan mendaftarkan pesertanya; 
  • Peserta mempelajari agenda pelatihan secara synchronous dan asynchronous; 
  • Peserta mengerjakan evaluasi akademik berupa analisa dan studi kasus; 
  • Peserta melakukan agenda habituasi melalui e-coaching; - Peserta melakukan Seminar Rancangan Aktualisasi; 
  • Peserta memasuki fase off campus dan melakukan aktualisasi serta PKTBT. 

c. Pembelajaran klasikal di tempat penyelenggaraan Pelatihan Dasar CPNS 

  • Peserta akan dinilai perilakunya oleh fasilitator dan melalui sosiometri; 
  • Peserta akan diberikan pendalaman dan penguatan atas agenda pelatihan melalui ceramah, kegiatan yang berorientasi pada putdoor activity dan pembentukan sikap perilaku bela negara; 
  • Peserta melakukan seminar aktualisasi.
Next Post Previous Post
No Comment
Add Comment
comment url