Indonesia Website Awards

Perangkat Guru Seni Budaya Kelas X Semester 1dan 2

Baca Juga

Perangkat Guru Seni Budaya Kelas X Semester 1dan 2
Perangkat Guru Seni Budaya Kelas X Semester 1dan 2


Macam Seni Budaya di Indonesia, dari Tarian sampai Kerajinan Tangan

Indonesia ialah negara yang mempunyai kekayaan budaya yang menyebar di tiap provinsinya. Seni budaya yang ada di Indonesia berbeda sesuai kultur budaya dari tiap-tiap daerah.

Seni budaya sendiri sebagai segalanya yang dibuat oleh manusia terkait dengan hidup dan berkembang secara bergerombol. Seni budaya mempunyai elemen keelokan yang dilaksanakan secara turun-temurun dari 1 angkatan ke angkatan seterusnya.

Kata seni dengan bahasa Indonesia mempunyai makna tidak simpel, nikmat dilihat dari sisi terminologis atau etimologisnya. Sedang budaya berawal dari bahasa sanskerta yakni "buddayah" memiliki arti suatu hal yang berkaitan dengan dengan budi dan akal manusia.

Seni budaya mempunyai dua peranan di kehidupan bermasyarakat. Pertama ialah peranan ringkas terkait dengan penyukupan kebutuhan warga, seperti pengerjaan bangku diperuntukkan untuk tempat duduk. Ke-2 adalah peranan estetis berkaitan dengan keelokan dari satu wujud kerajinan contoh lukisan, patung, dan sebagainya.

Di Indonesia, seni budaya mempunyai peranan tambahan yaitu untuk alat ritus keagamaan. Indonesia populer di luar negeri akan hasil kerajinan seni budayanya yang go-international, seperti batik yang dianggap UNESCO sebagai salah satunya peninggalan budaya. Begitupun dengan angklung, wayang kulit, reog ponorogo, dan keris.

Keberagaman seni budaya di Indonesia terbagi dalam seni tari, seni rupa, seni musik, seni teater, dan seni kriya. Masing-masing macam budaya ini mempunyai ciri-ciri unik dan jadi kebanggaan Indonesia di mata dunia.

Seni Tari

Seni tari sebagai satu pergerakan memiliki irama yang dilaksanakan di satu tempat dan waktu tertentu. Seni ini berniat untuk mengekpresikan hati dan sampaikan pesan dari seorang atau barisan.

Seni tari terbagi dalam elemen khusus dan elemen simpatisan. Elemen khusus adalah wiraga (raga), wirama (irama), dan wirasa (rasa). Sedang elemen simpatisannya adalah gerak, macam iringan, dandan dan baju dan skema lantai/bloking.

Seni Rupa

Seni rupa ialah cabang seni yang membuat kreasi seni dengan memakai media yang dapat disaksikan dan dirasa. Seni rupa mempunyai dua peranan, yakni seni rupa murni dan seni rupa aplikasi.

Seni rupa murni didasari pada gestur jiwa seperti patung, lukisan, photografi. Sedang seni rupa aplikasi mempunyai arah dan peranan tertentu misalkan seni kriya.

Seni Musik

Seni musik adalah cabang seni yang fokus pada pemakaian melodi, irama, tempo, serasi dan instrumen yang lain. Seni musik berperanan sebagai fasilitas dalam ekspresikan hati pembuatnya yang bisa berbeda seiring berjalannya waktu.

Tipe seni musik terdiri jadi seni musik classic, tradisionil, dan kekinian.

Seni Teater

Seni teater ialah seni atraksi yang diperlihatkan di atas pentas. Narasi dalam seni teater bisa menceritakan riwayat, kehidupan setiap hari, sinetron humor, atau kritikan. Misalnya ialah ketoprak, wayang, lelucon, dan akrobat.

Seni Kriya

Seni kriya ialah kerajinan seni yang dibikin dengan memakai tangan dan memerhatikan bermacam faktor seni dan fungsional. Dalam membuat seni kriya, dibutuhkan ketrampilan khusus supaya hasilnya cantik dan prima. Contoh kerajinan ini adalah perhiasan, bangku kayu, dan sebagainya.

Perangkat Guru Seni Budaya Kelas X Semester 1dan 2

Pengajaran lewat mata pelajaran Seni Budaya ini pada hakekatnya sebagai proses pembangunan manusia (peserta didik) lewat seni. Pengajaran Seni Budaya pada umumnya berperan untuk meningkatkan kekuatan tiap peserta didik mendapati pemenuhan dianya (individual fulfillment) jadi individu yang utuh. Arti budaya dalam evaluasi Seni Budaya memperlihatkan usaha mentransmisikan (melestarikan dan meningkatkan) peninggalan budaya (kesenian) yang menyebar di beberapa suku bangsa di Indonesia. Lewat rutinitas evaluasi seni budaya, kalian sebagai peserta didik difasilitaskan untuk meluaskan kesadaran sosial dan bisa dipakai sebagai jalan untuk menambahkan pengetahuan.

Arah evaluasi seni budaya ini searah dengan tanggung jawab yang luas dari arah pengajaran pada umumnya. Materi evaluasi seni budaya dalam buku ini sebagai koreksi dari buku seni budaya awalnya berisi pengetahuan, materi dan langkah belajar seni di sekolah dengan guru sebagai fasilitator yang sediakan kesempatan untuk peserta didik menjadi individu yang utuh lewat pengalaman seni berdasar suatu hal yang dekat sama kehidupan dan dunia kalian.

banya sekali yang mencari perangkat guru seperti, seni budaya kelas 10 semester 1, materi seni budaya kelas 10 semester 2 k13,bahan ajar seni budaya kelas x semester 1, materi seni budaya kelas 10 semester 1 pdf, buku seni budaya kelas 10 kurikulum 2013 revisi 2017, buku seni budaya kelas 10 erlangga pdf, buku guru seni budaya kelas 10 semester 2, buku seni budaya kelas 10 kurikulum 2013 revisi 2016, pada kesempatan kali ini operator berbagi perangkat guru yang mungkin bisa dipergunakan oleh pengajar semua diantaranya  Perangkat Guru Seni Budaya Kelas X Semester 1dan 2

Apa saya yang ada di Perangkat Guru Seni Budaya Kelas X Semester 1dan 2 postingan kali ini mari kita simak sama sama. Jangan lupa ya kalau ada paswordnya silahkan di lihat di Image/gambar postingan di pojok kanan bawah. 

Tidak hanya itu saja banya Bonus dan Program pendukung yang bisa bapak ibu download secara gratis di sini, apa si yang ada di bonus dan program pendukung Perangkat Guru Seni Budaya Kelas X Semester 1dan 2.

  1. BUKU TEKS PELAJARAN
  2. DIKLAT KURIKULUM 2013
  3. IMPLEMENTASI KURIKULUM 2013
  4. Permen_tahun2013_nomor69
  5. PP STANDAR NASIONAL PENDIDIKAN
  6. Kurikulum SMA 2013.pd
Nah itu yang ada di dalam Bonus Perangkat Guru Seni Budaya Kelas X Semester 1dan 2 sekarang kita bahas apa yang ada di dalam Program pendukung. adalah AdobeReader8, program ini bisa di pakai bapak ibu guru untuk membuka file file di atas tadi, atau kalau yang sudah punya silahkan langsung saja. Ingat kalau ada pasword bisa di lihat di gambar atas yah....

Next Post Previous Post
No Comment
Add Comment
comment url
Related Post