Indonesia Website Awards

7 Persiapan Guru dalam Hadapi KBM Semester Genap

Baca Juga

7 Persiapan Guru dalam Hadapi KBM Semester Genap
 7 Persiapan Guru dalam Hadapi KBM Semester Genap


7 Persiapan Guru dalam Hadapi KBM Semester Genap

Sesaat lagi semester 2 (dua) atau genap akan diawali, untuk beberapa pengajar atau guru semester genap tidak banyak yang harus disiapkan sebagaimana pada semester awalnya yakni semester ganjil.

Pada semester genap ini ada banyak aktivitas dan document yang penting disiapkan supaya pada semester genap ini beberapa pengajar atau guru bisa melakukan pembelajaran dengan optimal.

Lalu, apa yang penting disiapkan untuk guru dalam menghadapi dan mempersiapkan segala sesuatunya pada semester genap ini. Berikut akan kami berikan 7 persiapan guru dalam hadapi KBM semester genap.

1. Penilaian Prestasi Kerja

Tiap tahun performa seorang guru akan dipandang oleh kepala sekolah. Untuk beberapa guru yang dengan status PNS karena itu penilaian ini benar-benar tidak asing kembali untuk telinga mereka. Penilaian prestasi kerja ini berdasar SKP (target kerja pegawai) tahun sebelumnya yang telah dibikin atau diatur oleh tiap guru.

Tiap guru akan mempersiapkan semua sesuatunya seperti arsip dan dokumentasi yang terkait dalam penilaian prestasi kerjanya.

2. Sasaran Kerja Pegawai (SKP)

Sebelumnya awal tahun atau awal mula semester genap beberapa guru mulai membuat dan membuat gagasan, target dan sasaran yang bakal dikerjakan di tahun kedepan. Dalam SKP ada empat elemen sebagai gagasan, target dan sasaran seorang guru yakni pengajaran, aktivitas belajar mengajarkan, penilaian dan tindak lanjut, Peningkatan keprofesian bersambungan (PKB) guru, elemen pendukung dan yang paling akhir ialah pekerjaan tambahan.

3. Membuat program kerja

Membuat program kerja di sini yaitu menilai dan mengulas program tahunan, membuat program semester genap supaya pada semester genap ini lebih bagus kembali dari semester awalnya.

Terkadang program kerja itu tidak searah apa yang telah ada di atas lapangan, jadi karena itu. Pada program tahunan perlu direview supaya sasaran dan gagasan bisa terwujud secara baik.

4. Membuat Silabus dan RPP

Pengaturan silabus dan RPP pun tidak kalah keutamaan, mengapa? Karena silabus dan RPP sebagai gagasan guru dalam melakukan evaluasi di kelas diawali pada pendahuluan s/d penutup.

Namun RPP tidak dapat dibikin terkecuali harus membuat lebih dulu silabus. Jadi silabus dan RPP harus juga disiapkan. Dan sebaiknya saat sebelum diawali semester genap guru telah usai mempersiapkan silabus dan RPPnya.

5. Berencana Penilaian Peserta didik

Selanjutnya yang tidak kalah keutamaan dalam mempersiapkan aktivitas belajar mengajarkan di kelas untuk semester genap ialah berencana penilaian pada peserta didik.

Jadi dari awalnya seyogyanya tiap guru telah membuat dan merencakan penilaiannya dan sampaikan ke peserta didik supaya peserta didik tahu dan siap untuk melakukan pekerjaan yang bakal diberi.

6. Daftar Datang dan Daftar Nilai

Daftar datang dan daftar nilai harus juga dipersiapkan semenjak awalnya. Ini ditujukan untuk ketahui jumlah peserta didik di tiap kelas. Umumnya umum terjadi pengubahan jumlah peserta didik dalam kelas.

Selanjutnya daftar nilai harus juga disiapkan yang bersamaan dengan daftar datang supaya dalam permasalahan penilaian peserta didik beberapa guru tak perlu kembali ribet membuat daftar nilai.

7. Materi dan Bahan Ajar

Dan yang paling akhir ialah materi dan bahan ajar harus juga dipersiapkan dengan seorang guru. Beberapa materi itu dapat diperoleh pada buku-buku, internet dan lain-lain.

Bahan ajar perlu disiapkan supaya aktivitas belajar mengajarkan dalam kelas tidak terusik dan berjalan secara lancar.

Begitu sedikit info yang kami beri ke beberapa guru dalam mempersiapkan dan hadapi aktivitas belajar mengajarkan pada semester genap. Mudah-mudahan bisa berguna dan menambahkan wacana kita di dunia pengajaran.

Next Post Previous Post
No Comment
Add Comment
comment url
Related Post