Bagaimana Rencana Pelaksanaan Pembelajaran Bagi Guru

Perangkat Guru, perangkatguru, perangkatguruku
Bagaimana Rencana Pelaksanaan Pembelajaran Bagi Guru

Rencana implementasi pembelajaran, atau disingkat RPP, adalah pegangan guru dalam mengajar di kelas. RPP dibuat oleh guru untuk membantunya mengajar agar sesuai dengan standar kompetensi dan kompetensi hari ini. Rencana Implementasi Pembelajaran (RPP) berisi peraturan yang berkaitan dengan perkiraan atau proyeksi apa yang akan dilakukan pada saat kegiatan belajar mengajar terjadi, kemungkinan pelaksanaan pembelajaran sesuai dengan rencana pembelajaran yang direncanakan atau bukan karena Proses pembelajaran bersifat situasional, jika perencanaan diatur dengan hati-hati sehingga proses dan hasil belajar tidak akan jauh dari perkiraan.

Menurut Permendikbud Nomor 65 tahun 2013 tentang Standar Proses, Rencana Implementasi Pembelajaran (RPP) adalah rencana untuk kegiatan belajar tatap muka untuk satu pertemuan atau lebih. RPP dikembangkan dari silabus untuk mengarahkan kegiatan belajar siswa dalam upaya mencapai kompetensi dasar.

Selanjutnya, menurut permendikbud nomor 81A pada lampiran 2013 iv tentang implementasi kurikulum kurikulum pembelajaran umum, tahap pertama dalam pembelajaran sesuai dengan standar proses adalah perencanaan pembelajaran yang dimanifestasikan oleh kegiatan pembelajaran. RPP adalah rencana pembelajaran terperinci dari bahan tertentu atau tema tertentu mengacu pada silabus.

Sementara itu, menurut pedoman teknis untuk persiapan RPP di sekolah dasar, RPP adalah kegiatan belajar tatap muka yang direncanakan untuk satu atau lebih. RPP dikembangkan secara rinci dari bahan atau tema tertentu yang mengacu pada silabus untuk mengarahkan kegiatan belajar siswa dalam upaya mencapai kompetensi dasar (KD).

Setiap pendidik dalam pendidikan berkewajiban untuk mengkompilasi RPP secara penuh dan secara sistematis sehingga pembelajaran berlangsung secara interaktif, inspirable, menyenangkan, menantang, efisien, memotivasi siswa untuk berpartisipasi aktif, dan menyediakan ruang yang cukup untuk inisiatif, kreativitas, dan independensi sesuai dengan bakat, minat, dan pengembangan fisik dan siswa psikologis. RPP dikompilasi berdasarkan KD atau subtema dan dilakukan dalam satu atau lebih rapat.

Pengembangan RPP dapat dilakukan pada awal setiap semester atau awal tahun ajaran dengan niat bahwa RPP telah tersedia terlebih dahulu di setiap awal pelaksanaan pembelajaran. Pengembangan RPP dapat dilakukan oleh guru secara individu dan dalam kelompok dalam kelompok kerja guru (KKG) dalam kelompok sekolah, di bawah koordinasi dan pengawasan oleh pengawas atau layanan pendidikan. Kurikulum 2013 untuk Sekolah Dasar adalah pendekatan pembelajaran tematik terintegrasi dari Kelas I ke Kelas VI.

Pengembangan RPP mengikuti prinsip-prinsip berikut:

  1. RPP adalah terjemahan dari gagasan kurikulum berbasis silabus yang telah dikembangkan di tingkat nasional ke dalam rancangan proses pembelajaran untuk direalisasikan dalam pembelajaran.
  2. RPP dikembangkan sesuai dengan apa yang dinyatakan dalam silabus dengan kondisi di unit pendidikan baik kemampuan awal siswa, minat, motivasi belajar, bakat, potensi, kemampuan belajar, dan gaya.
  3. RPP mendorong partisipasi aktif siswa.
  4. RPP sesuai dengan tujuan kurikulum 2013 untuk menghasilkan siswa independen dan jangan berhenti belajar.
  5. RPP mengembangkan budaya membaca dan menulis.
  6. Proses pembelajaran di RPP dirancang untuk mengembangkan hobi membaca, berbagai pemahaman membaca, dan berekspresi secara tertulis.
  7. RPP berisi program desain untuk umpan balik positif, penguatan, pengayaan, pemulihan, dan umpan balik.
  8. RPP disiapkan dengan memperhatikan koneksi dan integrasi antara KI dan KD, materi pembelajaran, kegiatan belajar, penilaian, dan sumber Bellabur dalam satu integritas pengalaman belajar.
  9. RPP disiapkan dengan mempertimbangkan penerapan teknologi informasi dan komunikasi secara terintegrasi, sistematis, dan efektif sesuai dengan situasi dan kondisi.

Menurut permendikbud nomor 81 A pada 2013 lampiran IV tentang implementasi kurikulum pedoman pembelajaran, pemuatan RPP yang paling banyak memuat:

* Tujuan Pembelajaran
* Materi pembelajaran
* Metode pembelajaran
* Sumber Belajar
* Penilaian

Komponen tersebut direalisasikan dalam format berikut:

Rencana format RPP untuk mempelajari pendidikan unit pendidikan: ................................
Kelas / Semester: ..................................
Tema / Subtema: ....................................
Alokasi waktu: ....................................

A. Kompetensi Inti (KI)

B. Kompetensi dan Indikator Dasar

1. ....................... (KD di KI-1)
2. ....................... (KD di KI-2)
3. ....................... (KD di KI-3)

Indikator: ....................... 1. ....................... (KD di KI-4)

Indikator: ....................... C. Tujuan Pembelajaran

D. Bahan Pembelajaran

E. Metode Pembelajaran

F. Media, Alat, dan Sumber Belajar

G. Langkah Aktivitas Belajar

1. pendahulaun (... menit)
2. Kegiatan inti (... menit)
3. Penutup (... menit)

H. Valuasi

1. Jenis / Penilaian Teknis
2. Formulir Instrumen dan Instrumen Penilaian
3. Pedoman Pancuranian

Menurut pedoman teknis untuk persiapan RPP di sekolah dasar, pengembangan RPP disiapkan dengan mengakomodasi pembelajaran tematik atau disebut RPP tematik. Tematik RPP adalah rencana pembelajaran tematik terintegrasi yang detail dalam tema. Langkah-langkah untuk Mengembangkan RPP Tematik adalah:

1. Tinjau silabus tematik
2. Identifikasi materi pembelajaran
3. Tentukan Tujuan
4. Kembangkan kegiatan pembelajaran
5. Deskripsi jenis penilaian
6. Tentukan alokasi waktu
7. Tentukan sumber belajar.

* Pengembangan profesi pendidik, tim. 2014. Bahan Pelatihan Implementasi Kurikulum 2013 Pada tahun 2014. JAKARTA: Kemendikbud.
* Permendikbud nomor 65 tahun 2013 tentang standar proses.
* PermendikBud 81A Number pada 2013 Lampiran IV Tentang implementasi Pedoman Kurikulum Umum untuk Belajar.
Next Post Previous Post
No Comment
Add Comment
comment url