Bagaimana Persiapan Akreditasi di Sekolah

Bagaimana Persiapan Akreditasi di Seloah
Bagaimana Persiapan Akreditasi di Seloah

Berikut ini adalah penjelasan penting dari persiapan akreditasi

A. Persiapan alat administrasi

1. Untuk mendapatkan akreditasi yang berhasil, 

sekolah perlu mempersiapkan diri dengan baik. Setidaknya dibutuhkan 2-3 bulan untuk menyiapkan fasilitas pemenudukan dan infrastruktur dan perangkat administrasi. Persiapan fasilitas infrastruktur membutuhkan waktu yang relatif lama. Selain itu, juga membutuhkan dukungan yang memadai untuk pengadaan dan pemeliharaannya. Persiapan administratif harus dipenuhi maksimal 1 minggu sebelum akreditasi, lebih baik jika 2 minggu sebelum akreditasi semua penerimaan perang administrasi telah dipenuhi semuanya.

2. Perangkat administrasi yang harus disiapkan termasuk silabus dan RPP. 

Meskipun secara konseptual membutuhkan penilaian dalam jangka waktu 5 tahun tetapi seringkali penilaian hanya dalam 2 tahun terakhir. Untuk alasan ini, sekolah dapat menyiapkan perangkat pembelajaran dalam 1 tahun terakhir dan tahun berjalan. Apa yang perlu dipertimbangkan adalah revisi perangkat pembelajaran antara 1 tahun terakhir dengan tahun berjalan. Ini menunjukkan keberadaan pengembangan dan pengembangan perangkat pembelajaran. Dan peningkatan harus terlihat jelas dan dapat ditampilkan di penilai pada waktunya. Selanjutnya, semua perangkat pembelajaran harus ditandatangani oleh guru dan kepala sekolah. Jangan lupa, perangkat juga dicap.

3. Learning perangkat yang telah dikumpulkan harus diurutkan, 

dipisahkan, dan dikelompokkan sesuai dengan jenis silabus, RPP, pemetaan SK-KD (KI-KD), pemetaan material, dan lainnya. Pengelompokan ini penting karena masing-masing akan dihitung. Perangkat belajar di kelas juga perlu disiapkan seperti presentasi siswa, jurnal kelas, dan agenda pengajaran. Jangan lupa, agenda pengajaran dan jurnal kelas harus dimulai dengan informasi sistem informasi.

4. Selain perangkat pembelajaran, 

ada lebih banyak perangkat administrasi lainnya, yaitu perangkat penilaian. Perangkat ini mencakup KKM (kriteria kelengkapan minimum), instrumen penilaian, daftar nilai, analisis replikasi, dan program perbaikan dan pengayaan. Instrumen penilaian yang baik termasuk grid, pertanyaan, dan pedoman untuk wajib militer. Untuk tes harian, setiap guru harus mengumpulkan contoh-contoh hasil pengujian yang telah dilakukan, diberikan umpan balik, dan menandatangani orang tua siswa. Umpan balik yang baik adalah yang menunjukkan keunggulan atau kekurangan bahan yang belum dikuasai oleh siswa. Perangkat penilaian juga termasuk penugasan tugas terstruktur dan tugas independen yang tidak terstruktur. Itu juga perlu dipersiapkan dan dikelompokkan sesuai dengan jenisnya masing-masing. Jika dokumen dalam bentuk kliping harus masing-masing klip disertai komentar atau analisis siswa. Jadi, bukan hanya kumpulan gambar atau artikel saja.

5. Mengumpulkan alat belajar dan perangkat penilaian harus aktif secara aktif guru. 

Persentase pengumpulan dokumen ini sangat tinggi. Dalam instrumen akreditasi 2014 target untuk mendapatkan nilai A setidaknya 90%. Dan ada kemungkinan bahwa instrumen akreditasi target minimum terbaru adalah 96%. Untuk menghitung target prestasi dan dengan mudah mengetahui secara menyeluruh, guru yang bertanggung jawab perlu membuat daftar periksa pengumpulan setiap perangkat.

B. Persiapan Fasilitas Infrastruktur

1. Pengadaan dan pemenuhan fasilitas dan infrastruktur harus dimulai sejak dini. Pastikan semua peralatan dan peralatan seperti yang diminta dalam instrumen harus berfungsi dengan baik, jumlahnya cukup, dan ukurannya adalah standar.

2. Sekolah harus mengalokasikan anggaran yang cukup untuk memenuhi fasilitas dan infrastruktur, baik untuk pembelian, pengadaan dan pemeliharaan.

3. Apa yang sering dilupakan adalah masalah sirkulasi ruang. Sirkulasi berarti menghubungkan antar kamar. Jika Anda ingin mendapatkan nilai A, sirkulasi ruangan harus memadai sesuai dengan tuntutan instrumen akreditasi.

C. Persiapan Manajemen

Agar persiapan akreditasi akan dimaksimalkan, prinsipal perlu melakukan hal berikut: Bentuk tim akreditasi yang terdiri dari koordinator standar dan tanggung jawab. Untuk koordinator, kepala sekolah dapat menunjuk Wakil Kepala Sekolah, sebagai menginjak orang standar yang bertanggung jawab atas guru-guru senior dengan membantu beberapa guru-untuk-tanggal akreditasi. Mengkoordinir Administrasi untuk mempersiapkan dan menyelesaikan administrasi sekolah. Buat program pemberdayaan pendidikan dan personel pendidikan, program pemantauan, dan program pengawasan dan pemantauan pada 8 SNP.

D. Lainnya

Banyak hal yang terlihat sederhana tetapi sangat membantu dalam pencapaian target akreditasi meliputi: membuat informasi tentang visi, misi, dan tujuan sekolah yang terpasang di tempat-tempat strategis seperti kelas, ruang belajar lainnya, dan di gedung-gedung lain. Menyediakan kantor alat tulis yang memadai terutama untuk mengikat dan pengadaan administrasi. Ketentuan printer juga sangat penting dalam hal ini. Memberikan dukungan keuangan baik untuk pengeluaran alat, bahan, dan lembur (jika diperlukan) dan menit. Jadi sedikit strategi sehingga akreditasi sekolah dapat memperoleh nilai A. Strategi ini bukan jaminan untuk mendapatkan nilai terbaik tetapi hanya sebagai referensi dalam mempersiapkan diri Anda sebaik mungkin. Apa pun hasil dari penilaian akreditasi sekolah tergantung pada kekompakan, kebersamaan, komitmen, dan tanggung jawab semua elemen di sekolah. Dengan kebersamaan dan dukungan dari semua pihak yang bersedia, target maksimum untuk nilai dapat dicapai. Tidak ada yang mudah untuk mencapai yang terbaik, tetapi tidak ada yang mustahil jika semuanya disiapkan sebaik mungkin. Selamat untuk mempersiapkan akreditasi 2018.C. Persiapan Manajemen

akreditasi pendidikan multimedia upi, bisa juga akreditasi budi luhur, akreditasi ipmi international business school, akreditasi jurusan universitas prasetiya mulya, dan akreditasi kampus universitas terbuka.

Agar persiapan akreditasi akan dimaksimalkan, prinsipal perlu melakukan hal berikut: Bentuk tim akreditasi yang terdiri dari koordinator standar dan tanggung jawab. Untuk koordinator, kepala sekolah dapat menunjuk Wakil Kepala Sekolah, sebagai menginjak orang standar yang bertanggung jawab atas guru-guru senior dengan membantu beberapa guru-untuk-tanggal akreditasi. Mengkoordinir Administrasi untuk mempersiapkan dan menyelesaikan administrasi sekolah. Buat program pemberdayaan pendidikan dan personel pendidikan, program pemantauan, dan program pengawasan dan pemantauan pada 8 SNP.

Next Post Previous Post
No Comment
Add Comment
comment url